Cara Memberi Password Pada File/Document Di Microsoft Excel

10 Agustus 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Microsoft Excel merupakan salah satu software pengolah data yang saat ini menjadi prioritas dalam melakukan pengolahan data maupun angka, Didistribusikan oleh Microsoft Corporation menjadikan software ini berada dalam 1 paket Microsoft Office. Segala fitur yanga hadir di dalamnya sangat membantu bagi para penggunanya karena di klaim mampu meringankan segala bentuk pekerjaan yang berhubungan dengan angka dan data.

Sebuah file yang bersifat Rahasia tentunya membutuhkan dukungan keamanan untuk menjaga seluruh isi dalam File Document tersebut.

Jika File Document yang berisi tentang Data Pribadi/Data Perusahaan bocor ke public tentunya akan menjadi masalah besar, Proteksi yang kuat seperti memberikan password pada File Document merupakan salah satu cara untuk mencegah hal yang tidak di inginkan terjadi.

1. Silahkan buka Microsoft Excel kamu. Disini saya menggunakan Microsoft Excel 2016 jika kamu menggunakannya Microsoft Excel dibawah tahun 2016 ataupun di atasnya kemungkinan tampilannya akan sedikit berbeda.

2. Pilih Blank Workbook.


3. Tampilannya akan seperti berikut.


4. Ketikkan sesuatu untuk membuat isi Document tersebut. Kali ini saya mengetikkan Cara Memberi Password Pada File/Document Di Microsoft Excel sebagai isi Document.

Setelah Selesai, Pilih File di pojok kiri atas Microsoft Excel.


5. Lalu Save As.


6. Atur lokasi penyimpanan untuk File Document yang sudah dibuat, Namun kali ini saya akan menyimpannya di Dekstop agar lebih mudah di temukan, Jangan lupa untuk memberi nama identitas terhadap File Document tersebut.


7. Kita akan memasuki tahap proteksi File Document dengan menggunakan password. Pilih Tools tepat di samping tombol Save.


8. Lalu pilih General Options.


9. Setelah berhasil masuk pada General Option, Isikan password pada form Password To Open dan Password To Modify disini saya memberikan Proteksi File Document dengan password EXCEL, Lalu pilih OK.


10. Kemudian akan di arahkan pada form CONFIRM PASSWORD ketikkan ulang password pada Reenter Password To Open karena sebelumnya saya memberikan password sebagai EXCEL maka saya akan menulisnya kembali.


11. Lakukan hal yang sama seperti contoh No.10 pada form Reenter Password To Modify, Jika sudah pilih OK.


12. File Document tersebut sudah tersimpan di DEKSTOP untuk melihat apakah proteksi tersebut berhasil atau tidak silahkan buka File Document tersebut.


13. Perhatikan. Kamu tidak bisa mengakses File Document tersebut sebelum membuka proteksi yang ditanam pada File Document tersebut. Ketikkan password yang sudah dibuat pada form Enter Password To Open File untuk membukanya lalu pilih OK.


14. Ketikkan kembali password pada form Enter Password To Modify, Or Open Read Only lalu pilih OK.


15. Setelah berhasil melewati beberapa langkah untuk mengakses File Document kamu bisa mengedit kembali sesuai dengan kebutuhan.


Kamu bisa melakukan cara ini untuk memberikan proteksi terhadap semua File Document rahasia untuk mencegah kebocoran data.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.