Cara Mudah Mengubah Format Excel Menjadi PDF Secara Online

02 Juli 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. PDF pada umumnya sudah menjadi file formal bagi para penerima data, Sebuah format yang dapat di akses tanpa memerlukan aplikasi/software khusus ini pun menjadi fotmat rujukan pertama bagi para penerima data karena dianggap lebih efisien.

Sangat di sayangkan karena para pengirim data kini seringkali lupa untuk merubah formatnya terlebih dahulu hal ini menyebabkan para penerima data tidak dapat mengakses file tersebut karena tidak memiliki software/aplikasi pendukung untuk mengaksesnya.

Dalam hal ini kamu perlu merubah format file tersebut secara mandiri untuk dapat mengaksesnya dengan mengubah format menjadi PDF.

Perhatikan beberapa langkah berikut untuk mulai mengubah format Excel menjadi PDF dan pastikan perangkatmu saat ini sudah terhubung dengan internet :

1. Buka browser yang saat ini ter-install pada perangkat kamu, Disini saya menggunakan browser Google Chrome.


2. Pada kolom pencarian ketikkan small pdf.


3. Lalu pilih Smallpdf.com - Solusi gratis untuk semua masalah PDF anda.


4. akan muncul beberapa daftar konversi yang tersedia. Namun, Karena kali ini kita akan mengubah file dengan format Excel menjadi pdf maka pilihlah Excel To PDF.


5. Klik Pilih File untuk mulai mengkonvesi.


6. Pada tahap ini, Kamu bisa memilih file berdasarkan lokasi dari file tersebut setelah itu pilih OK.


7. Tunggu hingga proses konversi file selesai.


8. Setelah proses konversi selesai, Pilih Unduh untuk mengambil file yang telah di konversi tersebut.


9. Buka folder yang sudah kamu tentukan untuk menampung hasil unduhan dari browser, Lalu perhatikan bahwa file yang sebelumnya memiliki format sebagai Excel kini sudah berubah menjadi PDF.


Jika kamu menemukan beberapa masalah saat proses peng-konversian format file, Kamu bisa memberikan pertanyaan di kolom komentar agar kami dapat membantu mengatasi kendala yang sedang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.