Cara Mudah Menjadwalkan Pengiriman E-mail

18 Juli 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Kita seringkali di kagetkan dengan banyaknya pekerjaan yang harus di selesaikan esok hari. Tentunya hal ini membuat otak hanya berfokus untuk menyelesaikan tugas yang di berikan pada hari itu dan membuat hal yang sudah di kerjakan hari ini namun mengalami reschedule pengiriman untuk dikirimkan lusa menjadi terabaikan.

Jika hal itu terjadi senantiasa segala masalah akan muncul secara bersamaan dengan banyaknya pekerjaan yang di terima di suatu hari nanti. Munculnya cedera mental yang di timbulkan oleh atasan kerja jelas tidak bisa di hindarkan.

Guna menindak lanjuti masalah tersebut agar tidak terulang kembali kamu bisa mengatur jadwal pengiriman jika sewaktu-waktu reschedule waktu pengiriman kembali terjadi.

Ikuti langkah berikut untuk mulai mengatur Jadwal Pengiriman E-Mail :

1. Silahkan login ke Akun Google terlebih dahulu, Ketikkan E-mail/Nomor Ponsel akunmu saat ini. Setelah itu klik Berikutnya.


2. Ketikkan Password akun google yang kamu punya saat ini, Lalu klik Berikutnya.


3. Langkah selanjutnya pilih icon + (Tulis).


4. Isi E-mail penerima, Subjek, Serta isi dalam pesan tersebut. Lalu klik icon yang di arahkan oleh tanda panah dibawah.


5. Lalu pilih Jadwalkan Pengiriman.


6. Karena kali ini kita akan mengirimkan E-mail sesuai waktu yang sudah di tentukan maka klik Pilih Tanggal & Waktu.


7. Bar pada bagian kiri berperan sebagai kalender untuk menentukan waktu pengiriman dan tanda panah yang mengarah pada waktu 16.55 menandakan jam untuk mengeksekusi waktu pengiriman setelah menetapkan tanggal pada kalender, Dalam hal ini kamu perlu menyesuaikan kedua fungsi tersebut untuk menentukan waktu pengiriman yang lebih spesifik, Setelah itu klik Jadwalkan Pengiriman.


8. Seusai mengklik Jadwalkan Pengiriman, Akan muncul sebuah notifikasi Pengiriman dijadwalkan untuk 16.55. Notifikasi ini memberikan pemberitahuan bahwa pesan yang sudah di buat akan di kirimkan pada waktu yang sudah di tetapkan sebelumnya, Kamu bisa mengabaikan notifikasi ini.


9. Perhatikan pada pesan yang sebelumnya sudah saya buat diatas lalu samakan isi pesan serta waktu pengiriman, Pesan yang sebelumnya sudah dibuat berhasil dikirimkan pada waktu yang sudah di tentukan. Lebih detail lagi perhatikan pada kolom Subjek dan Waktu Pengiriman.


Cara diatas juga bisa di gunakan untuk kamu para JobSeeker, Dalam melakukan filter pencarian calon kandidat karyawan baru tentunya seorang HRD hanya akan melakukan tugasnya dalam jam kerja perusahaan seperti yang kita tahu umumnya jam kerja seorang HRD di perusahaan adalah jam 08.00 - 17.00 perlu di garis bawahi bahwa setiap perusahaan memiliki jam kerja yang berbeda.

Seiring dengan banyaknya lamaran yang diterima kemungkinan besar seorang HRD hanya akan memfilter lamaran yang masuk pada jam kerja dan hal ini sangat merugikan bagi kamu yang mengirimkan lamaran di luar jam kerja perusahaan.


KOMENTAR

Yunita Sari
17 Juli 2020

Bagaimana cara mengetahui email tsb sudah di Read oleh orang tersebut sedangkan yang mengirimkan email di jam operasional tidak hanya satu dua orang saja melainkan puluhan. Lalu bagaimana seorang HRD mengambil kandidat pelamar kerja by email.


Admin
18 Juli 2020

@Yunita Sari Untuk mengetahui apakah email sudah dibaca atau belum oleh penerima, Dalam hal ini anda membutuhkan bantuan pihak ketiga seperti Ekstensi pada browser hingga sebuah aplikasi nanti akan kita bahas pada artikel berikutnya.

Umumnya seorang HRD hanya memilih subjek yang tepat berdasarkan posisi yang sedang di butuhkan saat ini. Pastikan sebelum mengirimkan E-Mail lamaran pekerjaan subjek pada E-Mail tersebut sudah sesuai dengan posisi yang di butuhkan perusahaan tersebut.


Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.