Inilah Cara Mudah Membuat Tab Kustom Pada Microsoft Power Point

30 Juli 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Untuk membantu mempersingkat waktu dalam proses pembuatan dokumen ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan seperti Quick Access Toolbar.

Selain menggunakan Quick Access Toolbar kamu bisa membuat Tab kustomisasi yang di dalamnya berupa perintah-perintah yang sering kamu gunakan dalam proses pembuatan dokumen.

Perhatikan beberapa langkah berikut untuk membuat Tab baru pada Ribbon :

1. Silahkan buka Microsoft Power Point kamu. Disini saya menggunakan Microsoft Power Point 2016 jika kamu menggunakannya Microsoft Power Point dibawah tahun 2016 ataupun di atasnya kemungkinan tampilannya akan sedikit berbeda.

2. Pilih Blank Presentation.


2. Kemudian pilih File.


3. Lalu pilih Options.


4. Selanjutnya pilih Customize Ribbon.


5. Pilih New Tab untuk mulai membuat Tab baru pada Ribbon.


6. Akan muncul sebuah Tab Baru, Perhatikan pada gambar dibawah ini.


7. Untuk memberikan label terhadap Tab yang akan dibuat saya akan mengubah nama dari Tab tersebut. Klik kanan pada Tab yang ingin diubah lalu pilih Rename.


8. Ketikkan nama yang ingin kamu berikan untuk Tab tersebut, Selanjutnya Pilih OK.


9. usai mengubah nama pada Tab. Kamu bisa memilih salah satu perintah pada bar di sebelah kiri sebagai contoh saya akan menambahkan Table Setelah itu pilih Add >>.


10. Table telah berhasil di tambahkan pada Tab baru, Selanjutnya pilih OK.


11. Tab baru beserta perintahnya Table telah berhasil dibuat.


Dengan menggunakan cara ini mungkin akan memakan banyak waktu untuk menambahkan perintah satu per satu. Saya sangat menyarankan untuk menambahkan Grup Perintah pada Tab yang akan dibuat.

Perhatikan beberapa langkah berikut untuk menambahkan Grup Perintah pada Tab baru :

1. Setelah membuat Tab baru. pilih pada bagian dropdown Choose Commands From.


2. Lalu ubah menjadi Main Tab.


3. Sebagai contoh saya akan menambahkan grup perintah Font dalam hal ini kamu bisa menyesuaikan perintah-perintah yang akan di tambahkan kedalam daftar Tab baru, Selanjutnya pilih Add >>.


4. Setelah grup perintah Font berhasil di tambahkan dalam daftar Tab baru, Pilih OK.


5. Grup Perintah Font telah berhasil di tambahkan dalam daftar Tab baru.


Kamu bisa menggunakan cara ini untuk mempersingkat waktu serta mempermudah dalam proses pembuatan dokumen. Jika kamu mengalami beberapa kendala dalam melakukan langkah-langkah diatas kamu bisa menyampaikan keluhan pada kolom komentar, Kami akan senantiasa membantu untuk menyelesaikan kendala tersebut.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.