Inilah Panduan Lengkap Membuat Google Form

01 Agustus 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Dalam proses pengembangan sesuatu, Data dari berbagai responden merupakan hal yang wajib di kumpulkan guna memaksimalkan proses pengembangan tersebut.

Dahulu, Proses ini sangat memakan banyak waktu, biaya serta keterbatasan dalam menjangkau responden. Namun kini semua masalah tersebut dapat di atasi setelah hadirnya Google Formulir yang berhasil di kembangkan oleh Google.

Pandemi yang kini sedang melanda seluruh dunia pun membuat Google Form menjadi salah satu platform yang dijadikan prioritas oleh banyak pihak sebagai media untuk pengumpulan data.

Perhatikan beberapa langkah berikut untuk mulai membuat Google Form :

1. Buka browser yang saat ini sudah terinstall, Disini saya menggunakan browser Mozilla Firefox.


2. Pada kolom pencarian ketikkan Google Form.


3. Selanjutnya pilih website yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


4. Lalu pilih Buka Google Formulir.


5. Untuk dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya kamu diwajibkan untuk login terlebih dahulu ke Akun Google.


6. Setelah berhasil melewati proses login, Berikut tampilan awal dari Google Form.


Dalam hal ini saya akan membuat Google Form bagi siswa yang tidak bisa mengikuti ujian karena berbagai alasan seperti sakit dan yang lainnya.

7. Saya akan mengubah Formulir Tanpa Judul menjadi ABSENSI, Kamu bisa menyesuaikan judul dengan kebutuhan yang mengharuskan untuk menggunakan Google Form.


8. Saya juga memberikan Deskripsi terhadap halaman ini guna meminimalisir tingkat kesalahan input yang berpengaruh terhadap absensi.


Lanjut ke langkah berikutnya.

9. Pada kolom pertanyaan saya akan mengubahnya menjadi Nama.


10. Pastikan untuk merubah Pilihan Ganda menjadi Paragraf ataupun Jawaban Singkat, Setelah itu aktifkan Wajib Diisi untuk membuat validasi jika user belum menginputkan nama tidak bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.


11. Selanjutnya pilih Tambahkan Pertanyaan, Kamu bisa menambahkan pertanyaan sesuai dengan banyaknya pertanyaan yang di butuhkan.


12. Usai berhasil menambahkan jumlah pertanyaan, Saya akan mengubah kolom pertanyaan menjadi Kelas. Setelah itu lakukan langkah serupa seperti pertanyaan pertama.


13. Halaman pertama pada Google Form telah berhasil dibuat, Selanjutnya pilih Tambahkan Bagian untuk membuat isi serta tujuan dari Google Form tersebut disebarluaskan.


14. Pada bagian judul saya akan mengubahnya menjadi SOAL UAS 2020.


15. Saya juga memberikan Deskripsi terhadap halaman ini guna meminimalisir tingkat kesalahan yang berpengaruh terhadap nilai.


16. Selanjutnya pilih Tambahkan Pertanyaan untuk membuat pertanyaan pada halaman yang sudah dibuat.


17. Usai menuliskan pertanyaan, Kamu bisa menambahkan gambar guna memperjelas pertanyaan serta mengubah variasi jawaban dari pertanyaan tersebut seperti Pilihan Ganda, Kotak Centang dan yang lainnya.


18. Selanjutnya, Untuk menambahkan beberapa daftar pilihan jawaban kamu bisa mengklik Tambahkan Opsi. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama dengan menambahkan gambar pada pilihan jawaban yang akan dibuat.


19. Untuk mulai menyebarluaskan hasil dari Google Form yang sudah dibuat, Pilih Kirim.


20. Lalu pilih Tautan pastikan untuk mencentang Perpendek URL selanjutnya pilih Salin.


20. Berikut adalah tampilan dari Google Form tersebut.

  • Halaman Pertama.

  • Halaman Kedua.

23. Berikut adalah tampilan dari hasil pengisian Google Form.


Selain bisa digunakan sebagai media pembelajaran secara Daring, Google Form ini juga seringkali digunakan sebagai riset guna melakukan Uji Validasi bagi para mahasiswa/mahasiswi yangs sedang melakukan skripsi.

Tentunya kamu juga bisa melakukan hal serupa guna memenuhi kebutuhan saat ini tanpa harus berkomunikasi secara langsung.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.