Berikut Cara Membuat Kuis Dengan Google Form

02 Agustus 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Dalam proses pengembangan sesuatu, Data dari berbagai responden merupakan hal yang wajib di kumpulkan guna memaksimalkan proses pengembangan tersebut.

Dahulu, Proses ini sangat memakan banyak waktu, biaya serta keterbatasan dalam menjangkau responden. Namun kini semua masalah tersebut dapat di atasi setelah hadirnya Google Formulir yang berhasil di kembangkan oleh Google.

Pandemi yang kini sedang melanda seluruh dunia pun membuat Google Form menjadi salah satu platform yang dijadikan prioritas oleh banyak pihak sebagai media untuk pengumpulan data.

Perhatikan beberapa langkah berikut untuk mulai membuat Google Form :

1. Buka browser yang saat ini sudah terinstall, Disini saya menggunakan browser Mozilla Firefox.


2. Pada kolom pencarian ketikkan Google Form.


3. Selanjutnya pilih website yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


4. Lalu pilih Buka Google Formulir.


5. Untuk dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya kamu diwajibkan untuk login terlebih dahulu ke Akun Google.


6. Setelah berhasil melewati proses login, Berikut tampilan awal dari Google Form.


Dalam hal ini saya akan membuat Google Form bagi siswa yang tidak bisa mengikuti ujian karena berbagai alasan seperti sakit dan yang lainnya.

Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya, Saya anggap kamu sudah berhasil membuat Google Form. Jika kamu belum memiliki pengetahuan dasar-dasar dalam membuat Google Form kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu Disini.

7. Usai membuat pertanyaan pada Google Form, Pilih Setting.


8. Lalu pilih Kuis dan aktifkan mode Jadikan Ini Sebagai Kuis.


9. Lanjut ke langkah berikutnya, Sebelum mulai menjadikan pertanyaan sebagai kuis perhatikan beberapa perintah yang akan di jalankan pada Google Form tersebut.


    1. Segera setelah setiap pengiriman = Setelah user selesai menjawab seluruh soal yang di berikan dia dapat melihat hasil yang didapatkan dari soal tersebut.
    2. Nanti, setelah peninjauan manual = Setelah user selesai menjawab seluruh soal yang di berikan dia tidak dapat mengetahui berapa nilai yang di dapatkan.
    3. Pertanyaan tak terjawab = Setelah user selesai menjawab seluruh soal yang di berikan ia dapat mengetahui pertanyaan-pertanyaan yang ia lewatkan.
    4. Jawaban yang benar = Setelah user selesai menjawab seluruh soal yang di berikan ia dapat mengetahui soal yang dianggap benar dan salah.
    5. Nilai poin = Setelah user selesai menjawab seluruh soal yang di berikan ia dapat mengetahui berapa nilai ataupun skor yang di dapat, Sebelum mengaktifkan fitur ini pastikan kamu sudah menentukan nilai-nilai skor pada tiap pertanyaan yang sudah di buat.

Setelah memahami fungsi serta peran dari fitur diatas, Pilih Simpan.

10. Selanjutnya pilih Kunci Jawaban untuk memberikan nilai skor pada pertanyaan tersebut.


11. Pilih salah satu jawaban yang kamu anggap benar pada pertanyaan tersebut, Pastikan untuk tidak mengosongkan nilai skor pada pertanyaan tersebut. Setelah itu klik Selesai.


12. Jika sebelumnya kamu memilih Segera Setelah Setiap Pengiriman seusai user menjawab seluruh pertanyaan yang di berikan ia dapat melihat skor dari pertanyaan yang sudah ia jawab.


13. User dapat mengetahui berapa skor yang ia dapat dari setiap pertanyaan yang sudah dijawab serta jawaban yang benar dari setiap jawaban salah pada pertanyaan tersebut.


14. Berikut adalah tampilan jika user berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.


Selain bisa digunakan sebagai media pembelajaran secara Daring, Google Form ini juga seringkali digunakan sebagai riset guna melakukan Uji Validasi bagi para mahasiswa/mahasiswi yangs sedang melakukan skripsi.

Tentunya kamu juga bisa melakukan hal serupa guna memenuhi kebutuhan saat ini tanpa harus berkomunikasi secara langsung.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.