Perbedaan Save/Save As Pada Microsoft Word

01 Agustus 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Microsoft Word merupakan salah satu software pengolah kata yang saat ini menjadi prioritas dalam mengolah kata, Segala fitur yanga hadir di dalamnya sangat membantu bagi para operator komputer karena di klaim mampu meringankan segala bentuk pekerjaan terutama bagi dunia industri.

Sebelum mulai mempelajari lebih jauh tentang software Microsoft Word ada hal yang harus kamu ketahui lebih awal yaitu bagaimana cara menyimpan filenya dan perbedaan dalam melakukan penyimpanan filenya.

SAVE dan SAVE AS memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menyimpan sebuah dokumen tapi ada sedikit perbedaan diantara keduanya, Mari kita pelajari.

1. Silahkan buka Wicrosoft Word kamu. Disini saya menggunakan Microsoft Word 2016 jika kamu menggunakannya Microsoft Word dibawah tahun 2016 ataupun di atasnya kemungkinan tampilannya akan sedikit berbeda.

2. Pilih Blank Document.


2. Tampilannya akan seperti berikut.


5. Kamu bisa memilih SAVE ataupun SAVE AS untuk menyimpan Document baru, Namun kali ini saya akan memilih SAVE AS.


6. Pilih lokasi penyimpanan untuk Document yang baru saja kamu buat, Kali ini saya akan mencoba menyimpannya pada DEKSTOP agar lebih mudah menemukannya dan memberikan nama identitas Document tersebut sebagai FILE BARU. Lalu pilih Save As.


7. Document yang baru saja dibuat sudah tersimpan di DEKSTOP.


Setelah berhasil menyimpan Document baru, Mari kita pelajari cara menyimpan Document yang akan di Edit/Revisi.

1. Saya akan mencoba untuk Mengedit/Merevisi document tersebut dengan mengetikkan FILE EDIT.


2. Document yang sudah di Edit/Revisi akan saya simpan dengan metode SAVE AS dengan nama identitas FILE BARU 2 pada lokasi yang sama di DEKSTOP.


3. Setelah berhasil akan muncul sebuah Document baru pada DEKSTOP dengan nama FILE BARU 2.


Kamu bisa menggunakan SAVE AS jika ingin membuat sebuah Document baru, Pastikan Nama Filenya berbeda dari Document sebelumnya, Jika nama Document sama seperti Document sebelumnya maka tidak akan muncul sebuah Document baru.

1. Jika kamu memilih SAVE untuk dokumen yang sudah kamu Edit/Revisi maka tidak akan Document baru, Berbeda jika kamu memilih SAVE AS dan memberi identitas berbeda dari Document sebelumnya.

2. Setelah melakukan Edit/Revisi coba tutup Microsoft Word kamu lalu buka kembali Document FILE BARU.


3. Isi Document FILE BARU berubah menjadi FILE EDIT, Hal ini terjadi karena sebelumnya saya memilih melakukan SAVE maka tidak akan ada Document baru karena SAVE bersifat Edit/Revisi secara langsung.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.