Cara Melakukan Uji Reliabilitas Dengan SPSS

06 Agustus 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Usai menyebarkan pertanyaan-pertanyaan dalam bentuk kuesioner kepada para responden untuk melakukan sebuah pengujian terhadap sesuatu yang sedang di kembangkan. Meskipun telah mendapatkan hasil positif setelah melakukan Uji Validitas.

Data yang di dapat pada lembar pertanyaan tersebut tidak dapat di pastikan konsistensinya tanpa melakukan Uji Reliabilitas.

Penting setelah melewati proses Uji Validasi untuk melakukan Uji Reliabilitas, Bertujuan untuk mengukur seberapa konsistensi variable pertanyaan dari kuesioner tersebut jika akan digunakan kembali mendatang.

Perhatikan beberapa langkah berikut untuk mulai menjalankan Uji Reliabilitas dengan SPSS :

Sebelum melakukan Uji Reliabilitas pada sebuah kuesioner, Pastikan kamu sudah melewati proses Uji Validasi terhadap data tersebut. Jika belum melakukan proses Uji Validasi kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu Disini.

Sebelumnya saya sudah melakukan proses Uji Validitas terhadap 2 kuesioner, Untuk menentukan konsistensi dari kontruk pertanyaan-pertanyaan pada kuesioner tersebut maka selanjutnya saya akan melakukan proses Uji Reliabilitas.

  • Data Pertama

Menurut, V Wiratna Sujarweni, S.E., M.M., M.T. & Lila Retnani Utami, S.E., S.P.D., M.SI., CMA. Kuesioner dapat di nyatakan Reliabel jika Alpha Cronbach > 0,70.

Berdasarkan data diatas meskipun dinyatakan valid dalam proses Uji Validitas, Kuesioner tersebut dinyatakan di reliabel karena < 0,70 dengan begitu kuesioner tersebut tidak dapat di pastikan konsistensinya jika dilakukan pengujian secara berulang-ulang.

  • Data Kedua

Output diatas dapat dinyatakan Reliabel, Karena nilai Alpha Cronbach > 0,70. Dalam hal ini kuesioner tersebut dapat di yakinkan konsistensinya jika dilakukan pengujian secara berulang-ulang

Dengan melakukan Uji Reliabilitas ini kamu dapat melakukan perbaikan pada sususan variable pertanyaan yang tidak Reliabel untuk mempermudah ketika melakukan pengujian dengan variable pertanyaan yang sama pada kuesioner tersebut.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.