Cara Membuat Peramalan Dengan Rumus Forecast Di Microsoft Excel

01 November 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Forecasting merupakan sebuah bentuk prediksi serta peramalan terhadap suatu kegiatan yang bernilai, Kegiatan tersebut meliputi Produksi, Permintaan, serta penawaran terhadap suatu produk yang akan di distribusikan oleh sebuah perusahaan.

Fungsi perkiraan atau forecasting terlihat pada saat pengambilan keputusan, Keputusan yang baik adalah keputusan yang didasarkan atas pertimbangan apa yang akan terjadi pada waktu keputusan itu dilaksanakan (Ginting, 2007).

Dengan menggunakan metode Forecasting ini perusahaan dapat mengetahui segala bentuk hal yang perlu ditimbangkan dalam suatu kegiatan yang akan diukur, Dalam proses produksi perusahaan dapat mengukur hal-hal yang berkaitan dengan proses produksi seperti perencanaan kapasitas produksi, penjadwalan produksi serta pengendalian persedian.

1. Berikut adalah data terkait kapasitas hasil produksi tahunan dari sebuah perusahaan.


2. Arahkan kursor pada kolom kosong data yang ingin di ketahui untuk tahun 2021, Selanjutnya pergi ke tab Formulas - More Functions - Compatibility - Forecast.


3. Usai muncul display seperti gambar dibawah, Klik icon Input yang berada sejajar dengan kolom X. Lebih detail perhatikan pada icon yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


4. Klik tahun yang akan di prediksi hingga kolom tersebut telah masuk ke daftar input, Lalu Enter. Perhatikan pada area yang sudah di garis bawahi dari gambar dibawah.


5. Selanjutnya klik icon input yang berada sejajar dengan kolom Known_ys.


6. Lalu Block seluruh data yang dimiliki di tahun-tahun sebelumnya hingga data tersebut masuk ke dalam daftar input, Lalu Enter.


7. Lakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya, Klik icon input yang berada sejajar pada kolom Known_xs.


8. Berikutnya Block seluruh data tahun yang sudah dimiliki sebelumnya, Kecuali tahun yang akan di prediksi atau diramalkan.


9. Usai data berhasil di input ke tiap masing-masing kolom yang telah di sediakan, Klik OK.


10. Berikut adalah hasil Forecasting yang telah di ketahui untuk tahun 2021.


Jika kamu mendapatkan kendala saat mengikuti langkah diatas, Kamu bisa memanfaatkan kolom komentar untuk memberikan pertanyaan kami akan senantiasa membantu untuk membantu masalah yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Adityo Prabowo Wicaksono
11 Januari 2021

Bagaimana apabila angka forecast yang muncul adalah angka negatif (-), berlaku untuk forecast maupun trend, apa yg menyebabkan hasil tersebut?


Admin
12 Januari 2021

@Adityo Prabowo Wicaksono apakah data terakhir dari data tersebut mengalami penurunan yang drastis (Anjlok) ?


Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.