Perbedaan Antara Data Primer Dan Data Sekunder Dalam Penelitian

23 November 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Penelitian merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mencari, menemukan serta mengatasi suatu masalah yang ada di ruang tertentu. Berbagai penelitian yang terus dilakukan untuk mengembangkan suatu hal yang ingin di kembangkan akan terus memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Menanggapi hal tersebut peneliti perlu mengenali tipe data yang nantinya akan digunakan, Karena masing-masing dari tipe data tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing dalam menentukan hasil dari penelitian tersebut.

Analogikan jika data yang akan di gunakan ke tahap analisis penelitian berupa data sekunder yang didapat dari sebuah organisasi tertentu, Data tersebut lebih cenderung baik digunakan untuk pengembangan karena besar kemungkinan bahwa data tersebut sudah di digunakan oleh peneliti lain yang memiliki tujuan penelitian serupa.

Namun kamu masih tetap dapat menggunakan data tersebut untuk penelitian yang bersifat baru terlebih jika kamu tidak mengenali identitas peneliti yang sudah menggunakan data tersebut sebelumnya.

DATA PRIMER

Data Primer merupakan sebuah kumpulan informasi dalam bentuk data terkait dengan variabel suatu penelitian yang didapat secara langsung, Ada beberapa cara yang biasa dilakukan untuk mendapatkan data tersebut salah satunya melalui Survei, Wawancara dan Kuosioner.

Namun untuk mendapatkan informasi data tersebut perlu memakan banyak biaya, Biaya-biaya tersebut meliputi biaya kunjungan ke lapangan ditambah jika memang dibutuhkannya seorang enumerator hingga pemanfaatan media yang diperlukan. Biasanya untuk meminimalisir besarnya anggaran yang diperlukan, peneliti seringkali memanfaatkan kuosioner untuk dibagikan kepada para respondennya karena dapat digunakan secara gratis.

Data Sekunder

Data Sekunder merupakan sebuah kumpulan informasi dalam bentuk data yang didapat secara tidak langsung, Beragam cara dapat dilakukan untuk mendapatkan data sekunder salah satu cara tersebut ialah melalui lembaga pemerintahan, organisasi serta berita yang berisi informasi yang menyangkut dengan variabel penelitian.

Untuk mendapatkan data sekunder cenderung tidak membutuhkan banyak biaya, Karena data tersebut dapat di peroleh dari sumber yang sudah memiliki kumpulan data yang tersimpan dengan kemungkinan data tersebut nanti akan digunakan untuk tujuan penelitian.

Usai memahami perbedaan diantara data-data yang dapat digunakan sebelum melakukan penelitian, Penulis berharap kamu dapat menentukan tipe data yang akan digunakan karena pada dasarnya tiap tipe data yang akan digunakan memiliki cara yang berbeda saat proses penelitian sedang berlangsung.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.