Cara Cek Tindakan Plagiarism Di Karya Ilmiah Saat Ini

07 Desember 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Plagiarism merupakan sebuah tindakan yang sangat tidak dianjurkan untuk diterapkan pada sebuah karya yang akan di terbitkan, Karena kegiatan tersebut tergolong sebagai kegiatan yang sangat merugikan orang lain.

Perlu digaris bawahi bahwa tindakan tersebut bukanlah sebuah hal yang dapat di abaikan begitu saja, Dengan itu kamu perlu menghindari tindakan-tindakan tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang kemungkinan besar akan terjadi disuatu hari nanti dan menimpa suatu karya yang sudah kamu terbitkan.

Untuk menghindari tindakan tersebut kamu bisa memparafrasekannya kedalam bentuk kalimat baru dan tentunya tetap memiliki arah dan tujuan yang serupa, Terutama bagi para mahasiswa yang memang saat ini sudah menjadi kewajiban untuk menuntaskan sebuah karya ilmiah sebagai syarat utama lulus dari jenjang pendidikan yang dijalani saat ini.

1. Buka browser yang kini telah terinstall, Selanjutnya pada kolom pencarian ketikkan small seo tools.


2. Selanjutnya pilih website yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah, Atau kamu bisa mengunjunginya secara langsung Disini.


3. Usai berhasil mengakses website tersebut, Pilih Plagiarism Checker untuk mulai mengetahui baris kata yang teridentifikasi Plagiarism.


4. Kemudian tempelkan seluruh kata yang ingin diketahui apakah terdapat Plagiarism pada kata-kata tersebut pada kolom yang telah di sediakan, Selanjutnya klik Check Plagiarism.


5. Langkah selanjutnya tunggu hingga proses penyortiran selesai.


6. Setelah proses sortir selesai kamu dapat mengetahui berapa besar persentase plagiarism yang terdapat dari seluruh kosa kata tersebut, Selain itu kamu dapat mengetahui baris deret kata yang teridentifikasi plagiarism untuk diparafrasekan kembali agar terhindar dari tindakan plagiarism.


Tidak ada jaminan bahwasannya langkah yang sudah di terapkan dari penjelasan sebelumnya sudah akurat, Namun langkah tersebut tetap perlu di lakukan dan untuk langkah selanjutnya dosen pembimbing akan memberitahu lebih lanjut mengenai karya ilmiah yang sudah di setorkan apakah teridentifikasi tindakan plagiarism atau tidak.

Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas. Baiknya kamu memberikan pertanyaan pada kolom komentar kami akan senantiasa membantu untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.