Cara Membulatkan Angka Di Microsoft Excel

08 Desember 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Sudah menjadi hal yang tidak asing lagi ketika menjumlahkan suatu angka atau bilangan akan menghasilkan angka lain di belakang koma, Terlebih jika angka yang dijumlahkan bernilai sangat besar yang nantinya akan menghasilkan banyak angka di belakang koma.

Menanggapi hal tersebut beberapa operator komputer yang seringkali menyelesaikan pekerjaannya menggunakan software Microsoft Excel memilih untuk membulatkan angka tersebut bertujuan agar angka tersebut terlihat menjadi sedikit lebih ringkas.

Karena banyaknya angka yang berada di belakang koma senantiasa membuat bingung bagi pembacanya dan beberapa diantaranya memilih untuk menyederhanakan angka tersebut dengan membulatkan angka-angka tersebut.

1. Berikut adalah data yang sudah saya miliki, Dari data tersebut terlihat bahwa angka yang tertera masih memiliki angka di belakang koma. Pada pembahasan kali ini saya akan mencoba untuk membulatkan angka-angka tersebut agar terlihat lebih ringkas.


2. Blok beberapa kolom ataupun baris baris yang ingin dibulatkan, Disini saya ingin membulatkan seluruh angka yang berada pada kolom pertama. Maka saya perlu memblok seluruh kolom tersebut lalu klik Decrease Decimal, Perhatikan pada area yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


3. Berikut adalah hasil dari angka pada kolom yang sebelumnya ingin dibulatkan kini telah berhasil di bulatkan.


4. Selanjutnya saya ingin membulatkan seluruh sisa angka yang belum di bulatkan, Maka saya perlu memblok seluruh angka tersebut kemudian lakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya yaitu klik Decrease Decimal.


5. Dan kini seluruh angka pada table tersebut sudah berhasil di bulatkan secara keseluruhan, Perlu diingat bahwa angka tersebut sebelumnya memiliki angka lain di belakang koma.


Perlu di ketahui bahwasannya ada beberapa cara yang dapat di lakukan untuk membulatkan suatu angka hasil penjumlahan yaitu dengan menggunakan rumus, Namun dalam pembahasan kali ini saya memilih untuk menggunakan cara lain yang dirasa lebih efisien dibandingkan menggunakan rumus.

Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas. Baiknya kamu memberikan pertanyaan pada kolom komentar kami akan senantiasa membantu untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.