Cara Melakukan Uji Asumsi Klasik Heteroskedastisitas Scaterplot

19 Desember 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Uji Asumsi Klasik Heteroskedastisitas merupakan sebuah uji yang di lakukan untuk membuat analisa apakah terdapat ketidaksamaan antar varian residual dari suatu periode dengan periode lainnya.

Selain itu Uji Asumsi Klasik Heteroskedastisitas merupakan salah satu syarat yang perlu dilakukan sebelum melakukan Uji Regressi Linier, Jika data dinyatakan teridentifikasi Heteraskedastisitas maka data tersebut tidak dapat di lanjutkan ke pengujian selanjutnya.

Dengan melihat kasus diatas menjelaskan bahwa Uji Asumsi Klasik Heteroskedastisitas bukanlah sebuah hal yang dapat diabaikan, Jika data diketahui terdapat Heteroskedastisitas maka data tersebut dapat segera di atasi dengan metode lain.

1. Berikut adalah data yang sudah saya miliki, Dari data tersebut saya ingin mengetehui apakah data tersebut teridentifikasi Heteroskedastisitas atau tidak dengan menggunakan metode Scaterplot.


2. Buka software spss yang kini telah terinstall, Selanjutnya pergi ke Variable View.


3. Kemudian lakukan hal yang serupa sesuai dengan yang tertera dari gambar dibawah, Sesuaikan dengan jumlah variabel yang kamu miliki dan pastikan pada kolom label tidak tertukar antar tiap variabel yang di input.


4. Lalu salin seluruh data yang sudah dimiliki pada software spss hingga tampilannya akan menjadi seperti berikut.


5. Pergi ke tab Analyze - Regression lalu Linear.


6. Pindahkan seluruh variabel independent dan dependent pada kolom yang telah di sediakan sesuai dengan kolom dari variabel tersebut, Kemudian pilih Plots.


7. Usai itu pindahkan ZPRED ke kolom X dan Dependent pada kolom Y.


8. Berikut adalah hasil dari output spss.


DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN

1. Titik-titik yang berada pada output tersebut tidak hanya menyebar diarea bawah dan atas pada angka 0.
2. Titik-titik tersebut hanya menyebar di satu area saja baik area atas ataupun area bawah.
3. Titik tersebut tidak membentuk sebuah pola yang bergelombang melebar kemudian menyempit dan selanjutnya kembali melebar seperti semula.
4. Penyebaran dari titik-titik tersebut tidak membentuk sebuah pola tertentu.

Pengambilan keputusan dari output diatas

1. Diketahui dari output diatas bahwa titik tersebut menyebar di beberapa area baik area atas serta area bawah.
2. Titik tersebut tidak berkumpul di satu area.
3. Titik dari output diatas tidak membentuk sebuah pola yang bergelombang sesuai dengan kesepakatan dasar pengambilan keputusan dari point ke empat.
4. Penyebaran titik dari output tersebut tidak membentuk suatu pola.

Berdasarkan hasil analisis dari output diatas dapat dinyatakan bahwa data tersebut tidak teridentifikasi Heteroskedastisitas maka dapat disimpulkan bahwa telah memenuhi syarat untuk melanjutkan pengujian ke tahap selanjutnya.

Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas. Baiknya kamu memberikan pertanyaan pada kolom komentar kami akan senantiasa membantu untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.