Cara Menentukan Dan Menghitung Anggaran Produksi Perusahaan

20 Desember 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Anggaran Produksi merupakan sebuah kegiatan perencanaan dalam menetapkan jumlah produk yang akan di produksi pada periode tertentu sesuai dengan besarnya tingkat permintaan pasar.

Sebelum dapat menyusun rangkaian Anggaran Produksi perusahaan perlu terlebih dahulu untuk menetapkan kebutuhan produksi dalam periode tertentu, Sehingga perusahaan dapat menyimpulkan seberapa besar kebutuhan disetiap tahun hingga bulannya agar proses produksi dapat berjalan dalam kondisi stabil.

Usai perusahaan berhasil menetapkan jumlah produksi yang akan di produksi, Perusahaan perlu memperhatikan berbagai aspek yang berkaitan langsung terhadap berlangsungnya proses produksi. kegiatan tersebut meliputi Kapasitas mesin dalam memproduksi, Tenaga Kerja, Bahan Baku hingga Waktu agar dapat mencapai jumlah produksi yang sudah di tetapkan sebelumnya.

1. Berikut adalah data yang sudah saya miliki.


2. Sebelum dapat menyelesaikan ke langkah selanjutnya kamu perlu menentukan jumlah penjualan untuk tahun 2020 dengan menggunakan metode Forecasting, Bagi kamu yang belum mampu dalam menyelesaikan forecasting kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu Disini.


3. Usai berhasil melakukan forecasting dan telah mendapatkan hasil untuk jumlah penjualan tahun 2020, Kamu perlu menentukan anggaran produksi tahunan serta anggaran produksi disetiap bulannya.

Namun perlu digaris bawahi bahwa dalam pembahasan kali ini saya akan membuat stabilisasi anggaran produksi untuk jangka waktu 1 tahun maka saya perlu membaginya menjadi 12, Jika kamu ingin menentukan anggaran produksi dalam bentuk Triwulan kamu dapat membaginya menjadi 4 bukan 12 seperti yang diterangkan pada pembahasan kali ini.

RUMUS ANGGARAN PRODUKSI TAHUNAN
JUMLAH PENJUALAN + PERSEDIAAN AKHIR - PERSEDIAAN AWAL
RUMUS ANGGARAN PRODUKSI BULANAN
JUMLAH ANGGARAN PRODUKSI TAHUNAN / 12 (Metode Stabilitas Produksi)

4. Selanjutnya salin seluruh data Indeks Musim pada kolom Indeks Musim dan pastikan untuk menjumlahkan seluruh Indeks Musim tersebut, Usai menyalin data Indeks Musim kita perlu menentukan jumlah penjualan.

Dalam menentukan jumlah penjualan dapat menggunakan rumus Jumlah Penjualan = Indeks Musim Januari dibagi Total Indeks Musim kemudian dikalikan dengan jumlah penjualan tahun 2020 - 50 / 1090 x 77.429, Maka untuk jumlah penjualan bulan januari didapat 3.552


5. Lakukan hal serupa untuk menentukan jumlah penjualan disetiap bulannya hingga bulan desember.


6. Setelah berhasil menentukan besarnya jumlah penjualan beserta anggaran yang perlu dikeluarkan dalam jangka waktu 1 tahun hingga anggaran yang perlu di keluarkan di setiap bulannya, Salin hasil Q Anggaran Bulanan pada kolom Q Produksi hingga seperti gambar yang tertera dibawah.


7. Selanjutnya salin jumlah persediaan awal pada bulan januari sesuai dengan data yang sudah di berikan oleh PT. Tebak-Tebakan.


9. Kemudian dalam menentukan Q Kebutuhan dapat menggunakan rumus Q Kebutuhan = Q Produksi + Persediaan Awal - 6.561 + 5.700 maka didapat 12.261.


10. Kemudian dalam menentukan Persediaan Akhir dapat menggunakan rumus Persediaan Akhir = Q Kebutuhan - Q Penjualan - 12.261 - 3.552 maka didapat 8.709.


11. Dan selanjutnya Persediaan Akhir pada bulan januari akan menjadi Persediaan Awal bulan febuari, Lakukan beberapa langkah yang sudah di jelaskan sebelumnya untuk menentukan besarnya jumlah anggaran yang perlu di keluarkan disetiap bulan dan hasil dari keseluruhan anggaran produksi disetiap bulan PT. Tebak-tebakan menjadi seperti berikut.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas. Baiknya kamu memberikan pertanyaan pada kolom komentar kami akan senantiasa membantu untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.