Cara Melakukan Uji Asumsi Klasik Heteroskedastisitas Metode Glejser SPSS

13 Januari 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Uji Asumsi Klasik Heteroskedastisitas merupakan sebuah uji yang di lakukan untuk membuat analisa apakah terdapat ketidaksamaan antar varian residual dari suatu periode dengan periode lainnya.

Selain itu Uji Asumsi Klasik Heteroskedastisitas merupakan salah satu syarat yang perlu dilakukan sebelum melakukan Uji Regressi Linier, Jika data dinyatakan teridentifikasi Heteraskedastisitas maka data tersebut tidak dapat di lanjutkan ke pengujian selanjutnya.

Dengan melihat kasus diatas menjelaskan bahwa Uji Asumsi Klasik Heteroskedastisitas bukanlah sebuah hal yang dapat diabaikan, Jika data diketahui terdapat Heteroskedastisitas maka data tersebut perlu segera di atasi dengan metode lain.

1. Berikut adalah data yang sudah saya miliki, Dari data tersebut terlihat bahwa terdapat dua variabel Independent dan satu variabel Dependent.


2. Selanjutnya buka software Spss yang kini telah terinstall, Lalu pergi ke Variable View.


3. Kemudian ikuti sesuai dengan gambar yang tertera dibawah, Sesuaikan dengan jumlah variabel yang dimiliki saat ini dan pastikan agar tidak tertukar pada saat mengisi kolom Label antar variabel lainnya.


4. Salin seluruh data yang sudah di miliki sebelumnya pada Data View software spss hingga tampilannya menjadi seperti berikut.


5. Kemudian klik tab Analyze kemudian pilih Regression lalu Linear.


6. Pindahkan seluruh variable Independent pada kolom Independent, Lakukan hal serupa pada variable Dependent lalu pilih Save.


7. Beri centang pada Unstandardized lalu klik Continue.


8. Akan muncul sebuah output dari langkah-langkah yang sudah di jalankan sebelumnya, Namun kamu bisa menutup hasil output tersebut karena kita hanya memerlukan nilai Residualnya saja.


9. Berikut adalah tampilan dari nilai Residual yang berhasil di dapatkan dari langkah-langkah yang sudah di lakukan sebelumnya.


10. Selanjutnya klik tab Transform lalu pilih Compute Variable.


11. Kemudian pada kolom Target Variable ketikkan abs_res lalu pada kolom Functions and Special Variable pilih Abs hingga muncul input ABS(?) pada kolom Numeric Expression.


12. Kita ketahui bersama bahwa nilai input yang keluar secara otomatis sebelumnya adalah ABS(?), Ubah nilai input tersebut menjadi ABS(RES_1) lalu klik Ok.


13. Gambar dibawah merupakan hasil dari nilai abs_res yang sudah berhasil di dapatkan yang nantinya akan digunakan untuk menyelesaikan pengidentifikasian Heteroskedastisitas dengan metode Glejser.


14. Kembali ke Data View klik tab Analyze lalu pilih Regression kemudian Linear.


15. Dilangkah sebelumnya dijelaskan untuk memindahkan variable ke masing-masing kolom variable yang telah disediakan, Kini pada kolom Dependent yang sebelumnya berisi variabel Dependent ubah menjadi abs_res, Lalu pilih Save dan uncentang pada Unstandardized lalu klik Continue.


16. Berikut adalah hasil akhir dari beberapa langkah yang sudah di jalankan sebelumnya.


DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Jika nilai signifikansi < 0,05 maka dapat dinyatakan terdapat Heteroskedastisitas dan perlu di atasi dengan menggunakan metode lain untuk mengatasi data yang terindikasi Heteroskedastisitas.

Pelayanan (X1) dari hasil output tersebut diketahui sebesar 0,534 > 0,05 maka dapat dikatakan bahwa variabel tersebut tidak terdapat Heteroskedastisitas.

Harga (X2) dari hasil output tersebut diketahui sebesar 0,546 > 0,05 maka dapat dikatakan bahwa variabel tersebut tidak terdapat Heteroskedastisitas.

Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di jelaskan diatas, Kamu bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.