Cara Uji Parametrik Paired Sampel T Test Di SPSS

30 Januari 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Spss merupakan salah satu software diantara banyaknya software yang cukup populer diberbagai kalangan masyarakat yang biasanya digunakan dalam menganalisis data untuk tujuan penelitian.

Uji Parametrik Paired Sampel T Test merupakan sebuah metode pengujian dalam statistik untuk membuat kesimpulan apakah terdapat perbedaan diantara sebuah sampel yang memiliki 2 data.

Sebagai Catatan, Jika data yang kamu miliki saat ini tidak berdistribusi normal sebaiknya data tersebut diuji dengan menggunakan metode pengujian Non-Parametrik, Namun jika data yang kamu miliki saat ini telah berdistribusi normal maka data tersebut layak digunakan untuk pengujian Parametrik.

1. Berikut adalah data yang saya miliki, Berdasarkan data tersebut saya ingin mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil nilai dari sebelum dan sesudahnya diberikan materi mengenai Product Knowledge perusahaan.


2. Buka software Spss yang kini telah terinstall, Selanjutnya beralih ke Variable View.


3. Kemudian ikuti sesuai dengan area yang sudah di tandai dari gambar yang tertera dibawah, Lalu kembali ke Data View.


4. Salin data yang sudah di miliki sebelumnya pada Data View, Kemudian beralih ke tab Analyze pilih Compare Means selanjutnya Paired-Samples T Test.


5. Langkah selanjutnya pindahkan variabel Pre Test dan Post Test pada kolom Paired Variables.


6. Berikut adalah sebagian hasil output dari beberapa langkah yang sudah di jalankan sebelumnya.


DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Ho = Tidak terdapat perbedaan hasil penilaian sebelum dan sesudahnya diberikan materi mengenai Product Knowledge.
Ha = Terdapat perbedaan dari hasil penilaian sebelum dan sesudahnya diberikan materi mengenai Product Knowledge.

Jika nilai Sig > 0.05, Maka dapat dinyatakan bahwa Ho diterima.
Jika nilai Sig < 0.05, Maka dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak.

Berdasarkan hasil dari output diatas diketahui bahwa nilai Sig sebesar .000 < 0.05, Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara hasil nilai dari sebelum dan sesudah diberikannya materi mengenai Product Knowledge.


Perbedaan tersebut dapat dilihat dari output Paired Samples Statistics kolom Mean, Dimana nilai rata-rata Pre Test sebesar 68.23 kemudian mengalami peningkatan usai diberikannya materi dengan nilai rata-rata Post Test sebesar 85.55.

Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di jelaskan diatas, Kamu bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.