Cara Membuat Pivot Table Di Microsoft Excel

17 Februari 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Microsoft Excel merupakan salah satu software yang cukup populer dari beberapa software yang memiliki fungsi serupa yang dapat digunakan dalam mengolah data, Tentunya beragam fitur yang tersedia dalam paket software tersebut dapat memberikan kemudahan dalam menuntaskan sebuah pekerjaan.

Untuk dapat membuat kesimpulan terhadap suatu bentuk data yang besar tentunya bukanlah suatu hal yang mudah, Terlebih jika data tersebut memiliki beragam jenis data sehingga perlu dikaji secara spesifik sebelum dapat membuat kesimpulan.

Untuk mengatasi hal tersebut fitur Pivot Table tentunya dapat dijadikan sebuah opsi pilihan, Karena dengan memanfaatkan fitur tersebut kamu dapat dengan mudah untuk menganalisa serta membuat perbandingan dari sebuah data yang sangat besar sehingga dapat mempermudah dalam menarik kesimpulan.

1. Berikut adalah data yang sudah saya miliki, Untuk memulai dalam membuat Pivot Table kamu perlu beralih ke tab Insert.


2. Selanjutnya pilih Pivot Table.


3. Kemudian block seluruh data tersebut, Lalu pada opsi pilihan Choose Where You Want The Pivot Table Report To Be Placed pilih New Worksheet agar hasil dari Pivot Table dibuat pada lembar sheet baru.

Namun apabila kamu ingin menampilkan Pivot Table pada lembar kerja di sheet yang sama, Maka kamu perlu memilih Existing Worksheet kemudian diikuti dengan memilih kolom kosong yang diinginkan.


4. Kini Pivot Table telah berhasil dibuat di sheet baru, Selanjutnya kamu perlu memberi centang untuk mulai menampilkan data pada Pivot Table yang baru saja dibuat.


5. Dilangkah ini saya memilih untuk memberi centang pada seluruh data tersebut, Namun jika kamu hanya ingin menampilkan beberapa data saja kamu hanya perlu mencentang jenis data yang ingin di analisa.


6. Jikalau kamu ingin menampilkan beberapa data yang lebih spesifik dari salah satu jenis data anggaplah Produk kamu hanya perlu memindahkan data tersebut dari Rows ke Column, Sebagai contoh saya ingin mengetahui data dari tiap sales mengenai hasil penjualannya selama tahun 2020.

Maka saya perlu memindahkan dengan mendrag data Penjual dari Rows ke Columns, Dan hasilnya akan menjadi seperti gambar yang tertera dibawah dimana Pivot Table yang dihasilkan akan berada dalam posisi Horizontal berbalik seperti sebelumnya yang berada dalam posisi Vertikal.


7. Selanjutnya jika kamu ingin memperinci data berdasarkan jenisnya kamu perlu menampilkan tabel berdasarkan data yang diinginkan, Sebagai contoh saya ingin mengetahui mengenai informasi penjualan di beberapa daerah dari jenis data Lokasi.

Maka hal yang perlu saya lakukan ialah mengklik salah satu Lokasi dari tabel tersebut untuk mendefinisikan daerah kemudian disusul dengan mengklik menu Dropdown pada kolom Row Labels.


8. Selanjutnya pilih beberapa daerah yang ingin di tampilkan, Disini saya memilih untuk menampilkan informasi penjualan yang berasal dari daerah Karawang.


9. Akan muncul sebuah tabel yang telah berhasil di eksekusi dengan permintaan jenis data Lokasi yaitu Karawang, Data tersebut akan memberikan beberapa informasi yang berkaitan dengan daerah kerawang meliputi Nama Barang, Nama Sales dan lainnya.


10. Usai itu saya ingin mengetahui beragam informasi mengenai penjualan dari Air Conditioner, Maka saya perlu mengklik menu dropdown pada Column Labels diikuti dengan mimilih Air Conditioner.


11. Berikut adalah hasil dari tabel yang telah berhasil dibuat, Dari tabel tersebut dapat disimpulkan bahwa Air Conditioner hanya di distribusikan ke daerah Karawang lalu dipasarkan oleh Salwa dan beragam informasi lainnya yang terkandung dalam tabel tersebut.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di jelaskan diatas, Kamu bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Firda
20 Februari 2021

Terima kasih mas, Sangat membantu.


Admin
21 Februari 2021

@Firda Sama-sama, Semoga bisa bermanfaat.


Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.