Perbedaan Antara Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian

13 Maret 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Penelitian (Research) merupakan sebuah kegiatan yang umumnya di kembangkan oleh suatu kelompok, organisasi, hingga individu yang bertujuan untuk menggali informasi lebih dalam terhadap suatu objek yang akan di cermati.

Kegiatan tersebut akan sangat berdampak terhadap lingkungan yang berada di sekeliling objek tersebut, Karena pada dasarnya tujuan dari sebuah penelitian dikembangkan ialah untuk menemukan serta menentukan jalan keluar dari masalah yang berada di sekitar objek yang sedang di amati.

Namun perlu di ketahui bahwasannya penenilitian yang dilakukan oleh segelintir mahluk sosial tidak senantiasa berjalan lurus untuk menuntaskan suatu masalah, Terkadang maksud dari penelitian tersebut mengandung unsur untuk mengembangkan suatu objek agar menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

Selama penelitian berlangsung terdapat beragam metode yang dapat di aplikasikan untuk menarik sebuah kesimpulan terhadap data yang sedang di amati, Dan sebelum melangkah lebih jauh baiknya peneliti perlu memahami konsep dasar mengenai Populasi Dan Sampel.

Pengertian Populasi

Populasi merupakan kumpulan dari suatu objek yang memiliki cakupan sangat luas, Sehingga akan sangat tidak memungkinkan jika peneliti harus mendapatkan seluruh data dari total populasi yang akan diangkat kedalam penelitian.

Tentunya dalam sebuah populasi akan terdapat beragam informasi yang sangat bervariasi karena banyaknya data yang terkandung didalamnya, Dengan begitu peneliti perlu mengumpulkan seluruh data mengenai objek yang sangat beragam terutama bagi objek yang memiliki perbedaan satu sama lain.

Pengertian Sampel

Sampel merupakan suatu kumpulan ringkas berupa data yang diambil dari total objek populasi yang akan di amati, Sampel ini akan berguna dalam membantu jalannya penelitian karena para peneliti tidak perlu bersusah payah mendapatkan seluruh data mengenai objek populasi yang sedang di cermati.

Dalam hal ini peneliti perlu ekstra berhati-hati dalam menentukan sampel yang akan di observasi dikarenakan hasil akhir dari pengembangan tersebut akan menggambarkan karakteristik menyeluruh terhadap sebuah objek pupulasi.

Contoh Pembahasan

Seorang mahasiswa dari salah satu universitas terkemuka di jakarta saat ini sedang menjalani Skripsi, Dan tema yang akan diangkat oleh mahasiswa tersebut kedalam skripsinya adalah Pengaruh harga terhadap pembelian sepeda motor.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Populasi dari tema tersebut adalah seluruh masyarakat indonesia sebagai pelaku ekonomi dan juga sebagai calon customer terhadap suatu produk yang sedang ditawarkan

Sampel dari tema tersebut adalah masyarakat indonesia, Namun dalam hal ini peneliti hanya perlu mengambil beberapa sampel untuk menggali informasi lebih lanjut dari total keseluruhan penduduk indonesia karena akan sangat menyulitkan jika harus mendapatkan seluruh data penduduk indonesia.

Perlu di ketahui karena dalam tema penelitian tersebut mengacu pada sebuah harga (Kemampuan), Maka sebaiknya peneliti perlu mengambil sampel dari masyrakat yang memiliki strata ekonomi berbeda. Terlebih jika produk sepeda motor tersebut memang ditargetkan untuk semua kalangan ekonomi.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.