Pengertian Liabilitas Dan Jenis-Jenisnya Dalam Keuangan

15 Mei 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Sebuah istilah yang kerap kali menjadi perbincangan ketika sedang membahas mengenai dunia keuangan suatu badan usaha, Hal tersebut di karenakan liabilitas merupakan salah satu variabel yang sangat di khawatirkan dibalik perjalanan perusahaan selama beroperasi hingga saat ini.

Umumnya perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki jumlah liabilitas sedikit atau bahkan menurun dari waktu ke waktu, Namun perlu dijadikan sebuah catatan bahwasannya hal tersebut tidak berlaku bagi setiap perusahaan terutama bagi perusahaan yang berasal dari sektor perbankan dan kontruksi.

Liabilitas adalah total keseluruhan hutang atau kewajiban yang dimiliki sebuah perusahaan yang muncul atau diterbitkan dengan maksud guna memenuhi kebutuhan operasionalnya, Keterbatasan aset dan ekuitas sebuah perusahaan seakan memaksa perusahaan untuk menerbitkan sebuah hutang demi pengembangan bisnis yang dijalaninya saat ini.

Tanpa hutang besar kemungkinan bagi perusahaan akan sulit untuk berkembang terlebih bagi perusahaan yang memiliki beragam serangkaian kompetitor dengan model bisnis serupa, Oleh karena itu hutang dapat dijadikan sebuah opsi pilihan dalam pengembangan usaha demi mengejar ketertinggalan perusahaan bahkan lebih dari itu.

Jenis-Jenis Liabilitas

Kewajiban Lancar (Hutang Jangka Pendek)

Dalam pencatatan keseluruhan hutang yang dimiliki terdapat beberapa hutang yang perlu dibayarkan sebelum jatuh tempo dalam kurun satu tahun, Hutang jenis ini adalah Kewajiban Lancar (Hutang Jangka Pendek) dan memiliki beberapa contoh seperti berikut.

  • Gaji Karyawan
  • Hutang Dagang
  • Hutang Pajak

Kewajiban Tidak Lancar (Hutang Jangka Panjang)

Hutang jenis ini berlainan dengan jenis hutang yang sudah di paparkan sebelumnya yaitu Hutang Lancar (Hutang Jangka Pendek), Kewajiban Tidak Lancar (Hutang Jangka Panjang) merupakan salah satu hutang yang perlu di bayarkan dalam kurun waktu lebih dari satu tahun.

  • Hutang Hipotek
  • Hutang Obligasi
  • Sewa Modal

Sepatutnya perusahaan perlu melihat peranan atas jumlah liabilitas yang dimiliki jika melihat betapa krusialnya hutang yang mengatasnamakan sebuah perusahaan, Hal tersebut juga dapat dijadikan sebagai cerminan bagi para investor sebelum mulai menanamkan modalnya pada suatu perusahaan.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.