Cara Melakukan Pencatatan Transaksi (Persamaan Akuntansi)

27 Mei 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Akuntansi merupakan sebuah bidang keilmuan yang berperan dalam mencatatkan seluruh kegiatan transaksi yang terjadi pada perusahaan , Dengan ini tentunya perusahaan dapat melihat beragam serangkaian transaksi yang telah terjadi selama perusahaan beroperasi.

Pencatatan akuntansi yang baik akan menghasilkan sebuah gambaran mengenai baik atau buruknya kinerja perusahaan dalam beroperasi, Selain itu perusahaan juga dapat mengetahui tentang berbagai hal tentang pengeluaran yang dirasa tidak penting guna dapat menjalankan bisnisnya seefesien mungkin.

Beberapa langkah yang akan di paparkan dibawah merupakan bentuk pencatatan transaksi dalam persamaan akuntansi, Untuk mengenal lebih dalam mengenai persamaan akuntansi perhatikan beberapa penjelasan berikut.

1. Pada tanggal 01 Mei 2020 iwan selaku pemilik perusahaan menyetorkan modal untuk perusahaan yang baru saja di dirikannya sejumlah 5.000, Dari transaksi ini menimbulkan bertambahnya aktiva dalam bentuk kas serta modal perusahaan.


2. Tak lama kemudian iwan mengajukan pinjaman bank sebesar 5.000 karena merasa modal yang ia setorkan sebelumnya belum mampu untuk membuat perusahaannya beroperasi, Transaksi ini akan menambah aktiva perusahaan dalam bentuk kas serta menimbulkan liabilitas (Hutang) dalam bentuk Hutang Bank.


3. 3 hari berselang mengajukan pinjaman bank iwan memilih untuk membeli sebuah kendaraan seharga 7.500 guna membantu perusahaannya dalam beroperasi, Dampak dari transaksi ini membuat struktur aktiva perusahaan berubah namun tetap tidak mengubah nilainya.


4. Pada tanggal 10 Mei 2020 iwan melakukan pembelian perlengkapan secara kredit sebesar 100 seperti halnya oli, kampas rem dan peralatan lainnya sebagai penunjang kegiatan operasional perusahaan, Transaksi ini menimbulkan sebuah Hutang Dagang (Accounts Payable). Sehingga transaksi ini dapat dicatat seperti gambar yang tertera dibawah.


5. Tak lama kemudian perusahaan iwan memenuhi kewajibannya dengan membayarkan hutang dagangnya sebesar 50, Hal ini menyebabkan kas perusahaan dan hutang dagang menjadi berkurang.


6. Tepat pada tanggal 15 Mei 2020 setelah kurang lebih 2 minggu perusahaan iwan beroperasi, Perusahaan tersebut mencatatkan pendapatan sebesar 500 dari aktivitas bisnisnya. Hal ini berefek dengan bertambahnya kas serta modal perusahaan iwan.


7. Disisi lain perusahaan iwan perlu memenuhi beban-beban selama beroperasi hingga keberhasilannya dalam mencetak laba, Beban tersebut meliputi pembayaran Gaji Karyawan, Bensin, Makan dll dengan total 300. Akibat dari transaksi ini menimbulkan berkurangnya kas serta modal perusahaan.


8. Selain itu, Perusahaan sadar bahwa aktivitas bisnisnya selama ini telah mengurangi beberapa perlengkapannya sebesar 50. Sehingga aktivitas ini menimbulkan berkurangnya perlengkapan serta modal perusahaan.


9. Diketahui bahwa sebelumnya perusahaan yang didirikan iwan telah menerbitkan hutang dengan melakukan pinjaman bank, Kini perusahaan iwan mulai mengangsurnya sebesar 200. Transaksi ini membuat aktiva perusahaan dalam bentuk kas dan kewajibannya berkurang dengan nilai yang sama.


10. Kemudian pada tanggal 25 Mei 2020 iwan selaku pemilik perusahaan menarik modal yang sudah ia tanamkan sebelumnya sebesar 150 untuk keperluan pribadinya, Transaksi ini membuat berkurangnya aktiva dalam bentuk kas serta modal perusahaan.


Langkah demi langkah yang sudah di jelaskan sebelumnya merupakan salah satu pencatatan pada tiap transaksi yang terjadi, Untuk mengetahui model pencatatan secara keseluruhan kamu dapat memperhatikan gambar yang tertera dibawah.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di paparkan diatas, Kamu dapat memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu mengatasi kendala yang sedang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.