Cara Membuat Jaringan Kerja Dan Mengetahui Jalur Kritis PERT Dengan POM QM

30 Juli 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. POM QM merupakan sebuah software yang memiliki beragam peran dalam membantu proses perencanaan, pengendalian dan lain sebagainya dalam operasi menjalankan bisnis, Hal itulah yang menjadi salah satu faktor utama dimana software tersebut seringkali digunakan perusahaan dalam membantu aktivitas bisnisnya.

Salah satu diantara banyaknya peran yang dapat dilakukan menggunakan software tersebut ialah Project Management (PERT/CPM) yang nantinya dapat membantu dalam proses perancangan sebuah layout jaringan kerja, penentuan jalur kritis, durasi waktu penyelesaian proyek dan yang lainnya.

Gambar yang tertera dibawah merupakan sebuah data mengenai durasi waktu dari tiap proyek yang disajikan dalam bentuk tabel, Sebelum dapat melanjutkan ke langkah berikutnya pastikan kamu sudah memiliki data mengenai proyek yang akan di laksanakan seperti tabel yang tertera dibawah.


1. Buka software POM QM yang kini telah terinstall, Selanjutnya klik pada Project Management (PERT/CPM), kemudian pilih Triple Time Estimate sesuai dengan petunjuk dibawah.


2. Selanjutnya beri identitas pada proyek yang akan di analisis saat ini pada kolom Title, Disusul dengan menyesuaikan jumlah kegiatan dalam proyek saat ini pada kolom Number Of Activities.


4. Langkah selanjutnya salin seluruh data dari table sebelumnya ke kolom yang telah di sediakan, Untuk lebih jelasnya perhatikan pada data table yang sudah di sajikan diatas. Kemudian klik Solve, Perhatikan pada area yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


5. Akan muncul sebuah output yang menampilkan durasi waktu proyek yang akan dicapai serta informasi lainnya, Namun untuk menampilkan jaringan kerja beralih ke tab Solutions kemudian pilih Charts .


6. Gambar yang tertera dibawah merupakan hasil rancangan jaringan kerja yang diberikan oleh software POM QM, Jaringan kerja tersebut juga menyajikan terkait jalur kritis dari proyek saat ini.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di paparkan diatas, Kamu dapat memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu mengatasi kendala yang sedang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.