Cara Singkat Membuat Diagram Pareto Di Microsoft Excel

05 September 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Diagram Pareto merupakan sebuah grafik yang menampilkan urutan tertentu dari suatu objek masalah atau variabel yang terkandung didalamnya. Selain itu, Diagram Pareto menjadi salah satu elemen dari QC seven tools yang umumnya digunakan dalam menganalisis suatu permasalahan.

Dalam penerapannya, diagram pareto akan memberikan beragam manfaat ketika proses pengkajian masalah berlangsung. Hal tersebut didasari lewat susunan data yang disajikan oleh diagram pareto sehingga masalah tersebut dapat segera ditindak lanjuti dan ditangani.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum dapat membuat sebuah diagram pareto. Selain kumpulan data dari variabel yang akan diangkat kedalam diagram pareto, buatlah struuktur tabel seperti gambar yang tertera dibawah.

Melengkapi Kolom Kumulatif

1. Salin nilai pada kolom jumlah baris pertama ke kolom kumulatif baris pertama (Cetakan Miring), Kemudian untuk menentukan nilai kumulatif pada baris kedua dimulai dengan menambahkan nilai kumulatif pada baris pertama bersama dengan nilai pada kolom jumlah baris kedua.

2. Selanjutnya, untuk menentukan nilai kumulatif pada baris ketiga dimulai dengan menambahkan nilai kumulatif pada baris kedua bersama dengan nilai pada kolom jumlah baris ketiga.


Melengkapi Kolom Persentase

1. Hal yang perlu di lakukan untuk menentukan kolom persentase baris pertama adalah dengan membagi nilai yang terdapat pada kolom jumlah baris pertama dengan total dari jumlah barang NG.

Untuk menentukan nilai pada kolom persentase baris kedua tidak jauh berbeda dengan langkah yang sudah di paparkan sebelumnya, yaitu dengan membagi nilai pada kolom jumlah baris kedua dengan total jumlah dari barang NG.


Melengkapi Kolom Persentase Kumulatif

1. Salin nilai pada kolom persentase baris pertama ke kolom persentase kumulatif baris pertama, Kemudian untuk menentukan nilai persentase kumulatif pada baris kedua dimulai dengan menambahkan nilai persentase kumulatif pada baris pertama bersama dengan nilai pada kolom persentase baris kedua.

Lengkapi baris-baris selanjutnya dengan mengikuti alur yang sudah di jelaskan pada langkah pertama hingga tampil seperti gambar yang tertera dibawah.


Membuat Chart Diagram Pareto

1. Block pada area seperti yang tertera pada gambar dibawah, Kemudian beralih ke tab Insert. Selanjutnya pilih Recomended Charts lalu pilih chart seperti yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


Hasil

Chart Otomatis merupakan sebuah diagram pareto yang terbentuk usai mengikuti langkah-langkah yang sudah di terangkan sebelumnya, Selanjutnya kamu dapat menyesuaikan chart tersebut hingga menjadi sebagaimana mestinya seperti pada gambar chart yang telah di modifikasi.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di paparkan diatas, Kamu dapat memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu mengatasi kendala yang sedang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.