Cara Membuat Nomor Urut 1-1000 Otomatis Di Excel

17 September 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Microsoft Excel merupakan sebuah software pengolah data yang kini sangat populer di berbagai kalangan masyarakat indonesia, hal ini didasari oleh tersedianya beragam fitur dan fungsi yang tertanam pada microsoft excel.

Beragam cara dapat dilakukan dalam membuat sebuah nomor urut di microsoft excel, baik dengan membuatnya secara manual hingga membuatnya secara otomatis dengan memanfaatkan fitur yang telah di sediakan oleh microsoft excel.

Fitur ini tentunya akan memberikan banyak manfaat terlebih jika database yang akan dibuat terbilang besar. Oleh karenanya, simaklah beberapa langkah dibawah untuk dapat membuat penomoran secara otomatis di microsoft excel.

Menggunakan Fitur Fill Series

1. Ketikkan angka satu di salah satu kolom pada lembar kerja microsoft excel.
2. Kemudian beralih ke tab Home.
3. Selanjutnya klik pada menu dropdown Fill, lalu pilih Series.
4. Pilih salah satu diantara dua pilihan yang telah di sediakan yaitu Rows atau Columns, berikutnya pada kolom Type pilih Linear. Dan terakhir ketikkan angka satu pada kolom Step Value serta ketikkan angka yang diinginkan pada kolom Stop Value, semisal 100 atau lebih dari itu.
Rows akan membuat sebuah nomor urut secara horizontal dan Columns akan membuat sebuah nomer urut secara vertikal, untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar yang tertera dibawah.


Menggunakan Rumus ROW

1. Ketikkan rumus =ROW()-1 pada kolom A baris kedua, karena area tersebut merupakan area awal penomoran.
2. Maka secara otomatis rumus yang sudah di ketikkan sebelumnya akan menghasilkan angka satu. Kemudian klik dua kali pada area yang sudah di arahkan oleh gambar dibawah (Fill Series), atau kamu bisa menariknya hingga baris nama Alif.
3. Kini penomoran atas sederet nama yang terdaftar dalam microsoft excel telah berhasil di lakukan.

Catatan, dasar dari penggunaan rumus =ROW()-1 adalah baris kedua pada kolom pertama yang merupakan area awal pembentukan penomoran. Jika nanti kamu ingin membuat awal penomoran pada baris ketiga rumus yang digunakan adalah ROW()-2 dengan mengurangi baris sebelumnya untuk mendapatkan angka satu.

Namun apabila kamu ingin membuat awal penomoran pada baris pertama, rumus yang digunakan hanyalah =ROW(). Hal ini dikarenakan tidak ada baris yang perlu di kurangi sebelum baris pertama.

Yang menarik dari penggunaan rumus ini ialah ketika ada salah satu baris yang di hapus, maka nomor yang sudah di bentuk sebelumnya akan secara otomatis menyesuaikan jumlah data yang dimiliki saat ini.

Terlihat dari susunan data pada gambar dibawah ada salah satu nama yang terduplikat, setelah baris duplikat tersebut dihapus nomor akan tetap menyesuaikan dengan jumlah data yang dimiliki saat ini. Berbeda halnya dengan pembuatan nomor urut tanpa menggunakan rumus row, jika ada baris data yang dihapus, maka nomor urut akan melongkap sehingga membuat nomor urut menjadi tak beraturan.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di paparkan diatas, Kamu dapat memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu mengatasi kendala yang sedang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.