Cara Menggunakan Rumus LEFT, MID dan RIGHT Pada Microsoft Excel

03 Oktober 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Microsoft Excel merupakan salah satu software andalan yang kerap kali digunakan saat mengolah data, hal ini di dasari oleh tersedianya beragam fitur dalam microsoft excel yang dikalaim dapat memberikan kemudahan saat mengolah data.

Salah satu diantaranya ialah rumus, diantara banyaknya rumus yang tersedia, rumus yang dibahas dalam artikel kali ini ialah Left, Mid, dan Right yang berfungsi untuk mengambil sebagian karakter dari suatu objek teks tertentu.

Dalam penerapannya, pengguna yang menerapkan rumus ini dapat dengan mudah saat merangkai struktur data yang nantinya akan digunakan untuk membuat identitas acak yang di peroleh berdasarkan kumpulan data saat ini.

RUMUS FUNGSI
LEFT Berperan untuk mengambil teks dari area yang paling kiri.
MID Berperan untuk mengambil teks dari area yang paling kiri atau dari sela-sela teks.
RIGHT Berperan untuk mengambil teks dari area yang paling kanan.

LEFT

LEFT(text; [num_chars])

Sesuai dengan peran dan fungsinya, rumus LEFT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari teks yang paling kiri hingga urutan yang ditentukan.
text merupakan sel dari objek yang akan digunakan.
num_chars merupakan deret karakter terakhir yang akan dipilih, dalam implementasinya berupa angka tertentu.

MID

MID(text; start_num; num_chars)

Sesuai dengan peran dan fungsinya, rumus MID digunakan untuk mengambil sebagian karakter dari teks yang paling kiri atau bahkan di sela-sela teks hingga urutan tertentu.
text merupakan sel dari objek yang akan digunakan.
start_num merupakan karakter awal yang ingin dipilih, dalam implementasinya start_num berisikan sebuah angka.
num_chars merupakan deret karakter akhir dari teks yang sudah dipilih, dalam implementasinya berupa angka tertentu.

RIGHT

RIGHT(text; [num_chars])

Sesuai dengan peran dan fungsinya, rumus RIGHT digunakan untuk mengambil sederet karakter dari teks yang paling kanan hingga urutan teks tertentu.
text merupakan sel dari objek yang akan digunakan.
num_chars merupakan deret karakter terakhir yang akan dipilih, dalam implementasinya berupa angka tertentu.

Usai memahami fungsi serta struktur penulisan dari tiap rumus yang disebutkan diatas, gambar yang tertera dibawah merupakan hasil dari penerapan masing-masing rumus yang sudah di paparkan sebelumnya.


KETERANGAN

1. Maksud dari kolom pertama yaitu LEFT, dengan rumus LEFT=(A1;4), akan mengambil 4 karakter awal dari teks yang paling kiri. Jika rumus tersebut diubah menjadi LEFT(A1;5), maka rumus tersebut akan mengambil 5 karakter dari teks yang paling kiri sehingga hasilnya menjadi BELAJ, dari yang sebelumnya BELA.

2. Maksud dari kolom kedua yaitu MID, dengan rumus MID=(A1;3;5), akan mengambil karakter ke tiga dari awal teks dan berakhir di lima karakter selanjutnya. Jika rumus tersebut diubah menjadi MID(A1;4;4), maka rumus tersebut akan mengambil karakter ke empat dari awal teks dan berakhir di 4 karakter selanjutnya sehingga hasilnya menjadi AJAR, dari yang sebelumnya LAJAR.

3. Maksud dari kolom ketiga yaitu RIGHT, dengan rumus RIGHT=(A1;4), akan mengambil 4 karakter akhir dari teks yang paling kanan. Jika rumus tersebut diubah menjadi RIGHT(A1;5), maka rumus tersebut akan mengambil 5 karakter dari teks yang paling kanan sehingga hasilnya menjadi LAJAR, dari yang sebelumnya AJAR.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.