Memisahkan Dan Menggabungkan Data Pada Cel Excel

05 Oktober 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Microsoft Excel merupakan sebuah perangkat lunak besutan Microsoft Corporation yang berfungsi sebagai pengolah data, keberadaan microsoft excel kian populer berkat beragam fitur yang ditawarkan.

Dengan ini, tentunya para pengguna dapat dengan mudah dalam menuntaskan segala bentuk pekerjaannya. Salah satu fitur tersebut ialah kemampuannya dalam memisahkan dan menggabungkan objek data pada kolom yang berbeda.

Fitur ini akan sangat berguna pada data yang didapat dari eksternal layaknya google form dan lain sebagainya, sehingga nantinya kumpulan data tersebut dapat disusun dengan sebagaimana mestinya.

Menggabungkan Kolom

2 Kolom
Langkah yang perlu di lakukan dalam menggabungkan dua kolom menjadi satu kolom ialah dengan menambahkan simbol tertentu pada kolom yang ingin di gabungkan, untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar yang tertera dibawah.

3 Kolom atau lebih
Dalam implementasinya, cara dalam menggabungkan dua kolom atau bahkan lebih tidak jauh berbeda. Hanya saja objek teks atau angka diantara awal dan akhir perlu di apit dengan simbol khusus, untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar yang tertera dibawah.


Memisahkan kolom menjadi beberapa bagian

1. Klik pada sel yang ingin di pisahkan.
2. Selanjutnya beralih ke tab Data, kemudian pilih Text to columns.
3. Kemudian pilih Delimited.
4. Langkah selanjutnya beri centang pada Space, hal ini dikarenakan objek yang dipilih sebelumnya dipisahkan oleh space. Apabila objek yang digunakan dipisahkan selain dengan space seperti halnya comma, maka beri centang pada pilihan comma.
Namun apabila objek dipisahkan dengan simbol lain (&,_,-) atau yang lain sebagainya, pilih Other lalu isi kolom yang telah di sediakan dengan simbol pemisah yang diterapkan pada objek.
5. Lalu klik pada area Destination, kemudian arahkan pada kolom atau sel yang akan digunakan sebagai wadah untuk menampung hasil dari objek yang ingin di pisahkan.
6. Hasil dari langkah-langkah yang sudah di paparkan sebelumnya.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di paparkan diatas, Kamu dapat memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu mengatasi kendala yang sedang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.