Cara Mengaktifkan Tethering/Hotspot Dan Membuat Konfigurasinya Di Windows 10

02 Juli 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Istilah Tethering/Hotspot seringkali kita jumpai di indonesia. Perangkat elektronik seperti smartphone,laptop dan yang lainnya kini sudah menjadi hal yang wajib dimiliki oleh masyarakat indonesia, Namun istilah Tethering/Hotspot pada umunya seringkali di sebutkan oleh para pengguna smartphone.

Jika sebelumnya kamu terbiasa menggunakan Tethering/Hotspot pada smartphone, Ternyata perangkat elektronik lainnya seperti Laptop pun dapat dijadikan sebagai modem/router untuk membuat Tethering/Hotspot.

Perhatikan beberapa langkah berikut untuk mulai mengaktifkan Tethering/Hotspot dan membuat profil konfigurasinya :

1. Klik icon Windows.


2. Lalu pilih Setting.


3. Setelah masuk bagian Setting pilih Network & Internet.


4. Lalu pilih Mobile Hotspot.


5. Kemudian aktifkan Share my internet connection with other devices. Pilih Edit untuk membuat konfigurasi terhadap Tethering/Hotspot yang sudah di aktifkan.


6. Perhatikan pada beberapa profil konfigurasi.

    1. Network Name = Merupakan identitas yang akan di tangkap oleh user lain, Dalam hal ini kamu perlu memberikan nama atau identitas agar user lain dapat mengenali Tethering/Hotspot yang sudah di aktifkan.
    2. Network Password = Jika kamu hanya memberikan Tethering/Hotspot kepada user tertentu kamu bisa memanfaatkan kolom password ini untuk mencegah masuknya akses dari user yang tidak dikenali.
    3. Network Band = Network Band ini merupakan jangkauan dari Tethering/Hotspot yang sudah di aktifkan. Dalam ilmu fisika semakin kecil frekuensi yang di gunakan mampu membuat jarak yang lebih jauh dan semakin tinggi frekuensi yang digunakan maka semakin kecil pula jangankauannya.

Setelah membuat profil konfigurasi kamu bisa memilih Save untuk menyimpannya. Namun kamu perlu memahami sedikit tentang fungsional dari Network Band.

Terdapat 3 pilihan dalam menentukan konfigurasi Network Band.

    1. 5 GHz
    2. Any Available
    3. 2,4 GHz

Dari beberapa pilihan Network Band diatas manakah yang harus dipilih ? Sebagai saran kamu bisa memilih Network Band pada frekuensi 5 GHz, Meskipun tidak mampu membuat jangkauan yang lebih luas setidaknya setiap user yang terhubung pada perangkatmu saat ini mendapatkan akses internet yang stabil karena mampu mencapai data rate hingga 54 Mbit/s dibandingkan frekuensi 2,4 GHz yang hanya mampu mencapai batas maksimal data rate 11 Mbit/s.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.