Cara Transfer File Serta Pairing Antar Komputer Dengan Bloetooth

10 Agustus 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Pada umumnya ada banyak cara untuk melakukan transfer file antar komputer baik secara online maupun offline, Namun beberapa pengguna seringkali menjadikan sebuah disk external seperti Flashdisk dan yang lainnya sebagai alat untuk memindahkan file ke komputer lain.

Tentunya melakukan hal seperti itu akan menghambat proses pemindahan file karena memakan waktu yang cukup lama, Untuk menangani masalah tersebut kamu bisa memanfaatkan Bloetooth sebagai media transfer file karena penggunannya yang sangat mudah.

Banyak sekali kesalahan yang muncul pada penggunaan awal ketika ingin melakukan transfer file menggunakan Bloetooth, Disini saya membuat sebuah contoh antar 2 komputer untuk melakukan sebuah transfer file serta syarat utama sebelum melakukan proses transfer file tersebut.

Catatan:
Komputer 1 merupakan komputer utama yang akan melakukan sebuah pengiriman data ataupun transfer serta pembuat pairing sebagai syarat penggunaan Bloetooth.
Komputer 2 sebagai penerima data serta penyetujuan dalam proses Pairing.

1. Aktifkan Bloetooh pada masing-masing komputer baik dari komputer 1 & komputer 2.

Komputer 1
Komputer 2

Selanjutnya, Saya akan melakukan Pairing atau menghubungkan antar Bloetooh dari 2 komputer agar saling terhubung. Dalam pairing ini saya akan melakukannya pada Komputer 1.

2. Pilih icon (+) Add Bloetooth Or Other Device lalu pilih Bloetooh.

Komputer 1

3. Klik pada daftar Bloetooth yang berhasil ditangkap oleh Komputer 1 (Komputer 2).

Komputer 1

4. Kemudian pilih Connect. Lakukan hal yang serupa pada Komputer 2 untuk memulai proses Pairing.

Komputer 1
Komputer 2

5. Pilih Done.

Komputer 1

6. Sebelum mulai menggunakan Bloetooh, Pastikan proses Pairing sudah berjalan dengan baik. Perhatikan gambar dibawah sebagai contoh bahwa proses Pairing sudah berjalan dengan baik.

Komputer 1
Komputer 2

Hal yang perlu diingat, Sebelum melakukan pengiriman file/transfer menggunakan Bloetooth komputer target (Komputer penerima) harus dalam keadaan Receive a File.

7. Saya akan menjadikan Komputer 2 sebagai target makadari itu kita perlu memastikan bahwa komputer 2 sedang berada dalam mode Receive a File.

Komputer 2

8. Berikut adalah tampilan setelah Komputer 2 dalam mode Receive a File.

Komputer 2

9. Pilih salah satu file yang akan di transfer ke Komputer 2, Klik kanan pada file tersebut arahkan kursor pada Send To lalu pilih Bloetooth.

Komputer 1

10. Kemudian pilih Komputer 2 lalu pilih Next.

Komputer 1

11. Tunggu hingga proses transfer selesai.

Komputer 1
Komputer 2

12. Klik Finish pada masing-masing komputer.

Komputer 1
Komputer 2

Terlihat proses diatas memang sedikit sulit untuk dimengerti, Namun sebenarnya cara kerja Bloetooth sendiri sama seperti Bloetooth pada smartphone yang mengharuskan melakukan pairing terlebih dahulu sebelum melakukan transfer file menggunakan Bloetooth.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.