Cek Konektivitas Internet Komputer Melalui CMD

11 Agustus 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Pesatnya perkembangan teknologi di seluruh dunia menjadikan Internet sebuah kebutuhan utama untuk mendukung fungsional pada salah satu teknologi yang digunakan saat ini.

Hal ini membuat Internet sebagai faktor utama penggerak perusahaan setelah memasuki era Industrial 4.0. Dimana banyak perusahaan yang mengandalkan internet guna mencapai tujuan yang sudah di tetapkan pada perusahaan tersebut.

Mengakibatkan masalah yang ditimbulkan oleh Internet memiliki dampak yang sangat besar di beberapa kalangan penggunanya. Jelas karena menghambat berbagai jenis kegiatan yang memiliki ketergantungan langsung terhadap internet.

Menanggapi hal tersebut kini perusahaan penyedia internet telah membentuk beberapa team khusus yang bertugas memperbaiki berbagai kendala yang di alami clientnya mengingat dampak yang begitu besar atas offlinenya jaringan internet.

Sebagai pengguna kita perlu memahami karakteristik kendala-kendala yang di timbulkan oleh Internet. Melakukan pengecekan melalui CMD menjadi salah satu cara untuk mengenali kendala-kendala tersebut.

1. Tekan Windows + R pada Dekstop hingga muncul kotak dialog seperti berikut, Lalu ketikkan cmd.


2. Selanjutnya ketikkan ping 8.8.8.8 pada kotak dialog CMD.


3. Berikut adalah hasil output dari test yang sudah di lakukan.


Hasil tersebut memberikan informasi balasan dari server bahwa internet yang sedang digunakan saat ini sedang tidak mengalami kendala apapun.

4. Namun jika kamu merasa keadaan internet saat ini sedang dalam keadaan tidak normal kamu bisa melakukan test secara berulang dengan mengetikkan ping -t 8.8.8.8.


5. Untuk menghentikan proses tersebut tekan CTRL + C atau menutup program CMD tersebut.


6. Namun jika hasil test melalui CMD server memberikan informasi berikut menandakan ada kendala pada Internet yang digunakan saat ini.


Ada banyak faktor yang menyebabkan server memberikan respon seperti diatas. Mulai dari pemasalahan pada LAN,Router hingga permasalahan yang sedang terjadi pada perusahaan penyedia internet itu sendiri.

Alangkah baiknya untuk memberikan laporan kepada teknisi di perusahaan dan perusahaan penyedia internet untuk memperdalam masalah tersebut agar cepat ditangani.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.