Cara Membuat Partisi Baru Tanpa Install Ulang Di Windows

16 September 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Mungkin akan sangat merepotkan jika semua file berada dalam 1 partisi yang sama, Diikuti dengan banyaknya folder kemungkinan besar suatu saat nanti kamu akan sulit menemukan file yang berada di dalam partisi tersebut.

Membuat folder atas setiap file dapat dijadikan alasan untuk menyelesaikan kasus diatas, Alangkah baiknya jika kamu membuat partisi baru terhadap file-file yang memiliki prioritas tinggi agar tidak tercampur.

Saran langkah ini sangat cocok digunakan bagi pengguna yang memiliki berbagai macam proyek dan mengerjakannya hanya menggunakan 1 perangkat komputer. Manajemen file akan tertata lebih baik karena setiap file berada pada partisinya masing-masing.

1. Masuk ke Pengaturan, Lalu pada kolom pencarian ketikkan Disk Management.


2. Selanjutnya klik seperti yang di arahkan oleh tanda panah dibawah untuk dapat mengakses Disk Management.


3. Berikutnya klik kanan di sembarang area partisi C, Lalu pilih Shrink Volume.


4. Tunggu hingga proses selesai.


5. Pada kolom yang sudah di tandai isikan besaran kapasitas yang ingin di berikan dalam satuan Mb. Disini saya memberikan 100000 yang berarti bernilai 100 Gb.


6. Akan muncul sebuah partisi baru yang menandakan alokasi berhasil di lakukan. Klik kanan di sembarang area partisi tersebut lalu pilih New Simple Volume.


7. Klik Next.


8. Klik Next kembali.


9. Dalam tahap ini terdapat beberapa pilihan yang di gunakan untuk memberikan identitas pada partisi tersebut, Kamu bisa memilih apapun namun tidak untuk C karena sudah di gunakan.


10. Selanjutnya kamu bisa memberikan Nama pada partisi tersebut perhatikan pada kolom yang di garis bawahi, Lalu pilih Next.


11. Langkah terakhir, Klik Finish.


12. Berikut adalah tampilan dari partisi yang telah berhasil dibuat.


Jika kamu memanfaatkan untuk menyimpan file pada tiap proyek yang sedang di kerjakan, Kamu bisa menyesuaikan pembuatan partisi sesuai banyaknya proyek yang kamu tangani saat ini.

Kamu dapat memanfaatkan kolom komentar jika menemui kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas, Kami akan senantiasa membantu untuk menyelesaikan masalah yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.