Cara Uninstall Software Di Linux

22 Oktober 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Software merupakan sebuah program pada komputer yang di kembangkan untuk dapat menjalankan sebuah pekerjaan tertentu yang berjalan pada sistem operasi sebuah dekstop.

Sebuah program yang biasa di temui pada sebuah perangkat elektronik lain seperti smartphone tidak dapat berjalan di sistem operasi sebuah komputer, Dengan ini kamu perlu kembali menginstall program yang memiliki kebergunaan serupa di smartphone pada komputer saat ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada beberapa sistem operasi yang dapat berjalan dalam sebuah komputer. Tentu ada perbedaan dalam menginstall sebuah software serta menguninstallnya di tiap sistem operasi tersebut.

Dalam pembahasan kali ini kita akan mencoba menguninstall sebuah program yang telah berjalan di sistem operasi Linux, Sebelum dapat melanjutkan untuk membuat perintah uninstall pastikan kamu sudah memiliki hak akses user root, Jika kamu belum memiliki hak akses user root kamu bisa mempelajarinya Disini.

1. Buka terminal yang sudah terinstall di Linux, Selanjutnya ketikkan dpkg --list untuk melihat daftar program yang sudah terinstall di Linux.


2. Berikutnya scrool kebawah bisa dengan menggunakan Enter kemudian cari program yang ingin di uninstall, Sebagai simulasi saya akan menguninstall Google Chrome. Lalu tekan Ctrl + Z secara bersamaan untuk menghentikan perintah melihat List Program.


3. Selanjutnya ketikkan perintah apt-get remove diikuti nama program ataupun software yang ingin di uninstall.


4. Lalu tunggu hingga proses uninstall selesai, Selanjutnya ketikkan perintah Y untuk meyakinkan serta melanjutkan proses uninstall program.


5. Usai program berhasil di uninstall secara penuh ketikkan perintah exit untuk keluar dari User Root.


Kamu dapat memanfaatkan kolom komentar jika menemui kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas, Kami akan senantiasa membantu untuk menyelesaikan masalah yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.