Cara Membagi Layar (Split Screen) Menjadi 2 Dan 4 Di Windows 10

04 Februari 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Split Screen merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan pada perangkat Windows, Macbook dan lainnya dimana fitur tersebut dapat memberikan berbagai kemudahan dalam mengelola beberapa program dalam satu layar.

Tentunya hal tersebut akan mempermudah kamu ketika harus menyelesaikan pekerjaan dengan menggunakan dua program yang saling berbeda, Analogikan jika kamu perlu menyalin sebuah data dari jurnal yang berasal dari salah satu website kedalam Microsoft Excel.

Split Screen menjadi salah satu opsi pilihan yang semestinya di terapkan untuk mempermudah serta mempercepat proses dalam menyalin data tersebut, Dengan menerapkan Split Screen maka kedua program tersebut akan berjalan secara berdampingan sehingga akan mempersingkat waktu dalam menyalin data dari sebuah jurnal kedalam Microsoft Excel.

SPLIT SCREEN 2 LAYAR

1. Sebelum dapat menerapkan Split Screen pada komputer yang kamu operasikan saat ini, Pastikan kamu sudah membuka minimal 2 program software yang sedang berjalan. Buka salah satu dari program yang kini sedang berjalan lalu tekan icon + pada keyboard secara bersamaan.


2. Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut, Namun apabila kamu ingin program Google Chrome berada diposisi kanan maka yang perlu kamu lakukan adalah menekan icon + pada langkah pertama.

Selanjutnya pilih salah satu dari program yang sedang berjalan dilatar belakang, Disini saya memilih program File Explorer bertujuan agar kedua program tersebut dapat berjalan saling berdampingan.


3. Hasilnya akan menjadi seperti gambar yang tertera dibawah, Dimana proses Split Screen telah berhasil di eksekusi dan menghasilkan 2 program yang sedang berjalan saling berdampingan.


SPLIT SCREEN 4 LAYAR

1. Sebelum dapat melanjutkan kelangkah selanjutnya pastikan kamu telah menjalankan beberapa program di latar belakang pada komputer yang sedang di operasikan saat ini, lalu klik area kosong di salah satu program yang sedang berjalan agar komputer dapat mengidentifikasi area yang ingin di Split Screen.

Selanjutnya kamu perlu memahami posisi apa yang kamu inginkan pada program Google Chrome saat ini, Jika kamu ingin software Google Chrome berada di sisi bawah maka hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan menekan icon + secara bersamaan begitupun sebaliknya.


2. Kemudian pilih salah satu program yang kini sedang berjalan di latar belakang.


3. Hasilnya akan menjadi seperti gambar yang tertera dibawah, Dimana proses Split Screen telah berhasil di eksekusi dan menghasilkan 3 program yang sedang berjalan saling berdampingan.


4. klik area kosong pada program File Explorer agar komputer dapat mengidentifikasi area yang ingin di Split Screen, Selanjutnya kamu perlu memahami posisi apa yang kamu inginkan pada program File Explorer saat ini.

Jika kamu ingin File Explorer berada di sisi bawah maka hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan menekan icon + secara bersamaan begitupun sebaliknya.


5. Kemudian pilih salah satu program yang kini sedang berjalan di latar belakang.


6. Hasilnya akan menjadi seperti gambar yang tertera dibawah, Dimana proses Split Screen telah berhasil di eksekusi dan menghasilkan 4 program yang sedang berjalan saling berdampingan.


Selain itu kamu dapat mengatur Layout dari tiap masing-masing program yang telah berhasil di Split Screen hingga menjadi seperti gambar yang tertera dibawah.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di jelaskan diatas, Kamu bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi saat ini.



KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.