Cara Install Mendeley Dan Mentautkannya Ke Microsoft Word

05 April 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Daftar Pustaka merupakan salah satu halaman yang perlu di cantumkan di lembar akhir sebuah dokumen, Halaman tersebut nantinya akan sangat berguna untuk mengetahui informasi lebih lanjut dengan merujuk ke sumbernya dari apapun isi yang terkandung pada sebuah dokumen.

Mendeley adalah salah satu software yang dirancang untuk sistem operasi komputer seperti Windows, Mac dan Kali Linux, yang berguna untuk mempermudah operator komputer dalam menambahkan refrensi sebagai penunjang atas dokumen yang dirangkainya.

Hadirnya software tersebut tentunya akan sangat membantu terutama bagi siapapun yang seringkali berdampingan dengan komputer untuk menuntaskan sebuah dokumen layaknya Jurnal,Skripsi dan lain sebagainya.

1. Buka browser yang kini telah terinstall, Selanjutnya pada kolom pencarian ketikkan Mendeley Download dengan maksud untuk merujuk ke halaman resmi Mendeley.


2. Kemudian pilih website yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah, Atau kamu bisa mengunjunginya secara langsung Disini.


3. Usai berhasil mengakses website tersebut, kamu perlu menyesuaikan dengan sistem operasi yang digunakan saat ini. Namun apabila sistem operasi yang kini digunakan adalah Windows maka kamu dapat mengunduh Mendeley sesuai dengan yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah untuk versi Windows.


4. Setelah Mendeley berhasil di unduh, Install software tersebut lalu jalankan hingga tampil seperti gambar yang tertera dibawah kemudian pilih Register untuk membuat akun baru terlebih dahulu sebelum menggunakannya.


5. Secara otomatis kamu akan diarahkan kehalaman register, Dalam tahap ini kamu bisa menuliskan alamat email yang dimiliki saat ini sebagai syarat agar dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.


6. Selanjutnya lengkapi form kosong yang telah di sediakan sesuai dengan data diri kamu saat isi, lalu pilih Register.


7. Setelah melengkapi form yang telah di sediakan saat proses registasi, Akan muncul halaman seperti gambar yang tertera dibawah. Hal ini menandakan bahwasannya proses registrasi telah berhasil di lakukan.


8. Tutup browser yang sebelumnya digunakan untuk registrasi, Kemudian jalankan software Mendeley yang sebelumnya telah di install lalu lengkapi form kosong dengan data yang digunakan saat proses registrasi sebelumnya untuk dapat login ke Mendeley.


9. Sebelum dapat menggunakan serta mengaplikasikan Mendeley kita perlu mentautkan Mendeley dengan Microsoft Word, Klik Install pada software Mendeley lalu tunggu sejenak hingga proses penautan selesai.


10. Usai Mendeley berhasil di tautkan dengan Microsoft Word, Buka software Microsoft Word kemudian beralih ke tab References dan perhatikan pada area yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


Area tersebut menandakan bahwa Mendeley sudah dapat diaplikasikan pada dokumen yang akan di rangkai saat ini, Pastikan untuk tetap mengingat akun Mendeley yang sudah di daftarkan karena segala bentuk refrensi yang nantinya di tambahkan ke Mendeley akan tersimpan secara otomatis.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.