Cara Membuat Shortcut Sleep, Shutdown, Dan Restart Pada Windows

07 April 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Shortcut merupakan sebuah pintasan berupa logo yang memiliki peran untuk mempermudah pengguna dalam mengakses sesuatu, Umumnya shortcut identik dengan software yang telah terinstall pada komputer saat ini.

Meskipun biasanya shortcut seringkali digunakan sebagai pintasan dalam mengakses suatu software pada komputer, Shortcut pun bisa digunakan untuk keperluan lain selain keperluan-keperluan yang sudah di jelaskan sebelumnya.

Keperluan tersebut meliputi pintasan dalam menshutdown, sleep dan merestart komputer. Dengan ini pengguna dapat dengan mudah dalam berinteraksi dengan perangkatnya lewat beberapa sentuhan pada shortcut.

1. Klik kanan pada dekstop kemudian pilih New lalu Shortcut.


2. Dalam langkah ini saya akan membuat shortcut untuk Shutdown maka saya perlu memberikan perintah Shutdown -s -t 00, Untuk lebih detail perhatikan pada gambar yang tertera dibawah.


3. Usai berhasil memberikan perintah, Selanjutnya beri identitas pada shortcut tersebut. Pastikan identitas yang akan di berikan sudah sesuai dengan perintah yang tertanam dalam shortcut tersebut.


4. Maka secara otomatis shortcut tersebut akan otomatis berada dalam dekstop. Untuk menjalankannya, Klik dua kali pada shortcut tersebut lalu tunggu hingga shortcut tersebut mengeksekusi perintah yang sudah tertanam yaitu Shutdown.


Ada beberapa daftar perintah yang dapat kamu gunakan selain perintah Shutdown, Perintah-perintah tersebut meliputi Sleep, Lock dan Restart.

Sleep.
rundll32.exe powrprof.dll,SetSuspendState 0,1,0

Restart.
Shutdown.exe -r -t 00

Lock.
Rundll32.exe User32.dll,LockWorkStation

Untuk membuat shortcut dengan perintah lain selain shutdown kamu cukup melakukan langkah yang sudah di paparkan sebelumnya, Namun pastikan untuk memberikan identitas sesuai dengan perintah agar tidak terdapat kesahalan eksekusi yang didasari oleh kekeliruan memberikan identitas.

Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di terangkan diatas, Kamu bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.