Cara Mengaktifkan/Mematikan Windows Defender Firewall Di Windows 10

07 Agustus 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum mengakses internet salah satunya adalah keamanannya, Windows Defender Firewall memiliki peran penting untuk memperkuat tingkat keamanan guna mencagah masuknya Malware,Virus serta bentuk kejahatan lainnya untuk mendapat akses tanpa diketahui.

Pastikan Windows Defender Firewal kamu selalu dalam keadaan aktif guna mencegah hal yang tidak di inginkan.

Beberapa Fungsi Dari Windows Defender Firewall.

1. Sebagai kontrol pengawas arus paket data.

Firewall berfungsi untuk mengontrol dan mengawasi arus paket data yang mengalir pada jaringan. Selain itu, fungsi firewall juga mencakup modifikasi paket data yang datang sehingga mampu menyembunyikan sebuah IP address.

2. Sebagai pos keamanan jaringan

Fungsi firewall termasuk dalam mengontrol lalu lintas data saat mengakses jaringan privat yang dilindungi. Semua lalu lintas yang keluar masuk jaringan harus melewati firewall untuk dilakukan pemeriksaan, entah itu dengan cara menyaring, membatasi atau bahkan menolak.Firewall akan bekerja menurut kriteria seperti alamat IP dari komputer sumber, Port TCP/UDP sumber dari sumber, alamat IP dari komputre tujuan, Port TCP/UDP tujuan pada komputer tujuan, dan informasi dari header.

3. Mencatat aktivitas pengguna

Setiap kali pengguna komputer mengakses data, firewall akan mencatatnya sebagai dokumentasi (log files). Catatan data tersebut akan digunakan untuk mengembangkan sistem keamanan komputer. Selain itu, fungsi firewall beroperasi untuk melakukan autentifikasi terhadap akses ke jaringan.

4. Mencegah informasi bocor

Fungsi firewall lebih dari sekedar mencatat aktivitas pengguna. Firewall mampu mencegah bocornya informasi yang berharga. Lebih jelasnya, firewall mencegah pengguna mengirim file berharga yang bersifat konfidensial atau rahasia kepada pihak lain.

Jika kamu bingung cara melihat kondisi Windows Defender Firewall sedang dalam keadaan aktif/tidak, Silahkan ikuti langkat berikut :

1. Buka dekstop kamu lalu klik pada icon WINDOWS.

2. Pilih SETTING.


3. Setelah masuk pada bagian SETTING klik pada bagian Search.


4. Tuliskan Windows Defender Firewall dan pilih icon Windows Defender Firewall.


5. Terlihat bahwa Windows Defender Firewall sedang dalam keadaan nonaktif, Dan saya akan mencoba untuk mengaktifkannya dengan memilih Change Notification Setting.


6. Akan masuk pada sebuah setting untuk melakukan pilihan mengaktifkan/menonaktifkan Windows Defender Firewall, Karena kali ini saya akan mencoba untuk mengaktifkannya maka pada bagian Private Network Setting pilih Turn On Windows Defender Firewall dan pada bagian Public Network Setting Pilih Turn On Windows Defender Firewall.


7. Lihat perubahannya, Kini Windows Defender Firewall sudah dalam keadaan aktif.


Segala bentuk kejahatan bukan hanya berasal dari internet namun juga bisa berasal dari software ataupun file yang kamu undur secara bebas di internet makadari itu pastikan kamu memiliki ANTIVIRUS yang sudah terinstall pada PC kamu.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.