Cara Mengubah DNS Pada Jaringan Internet Di Komputer Windows

30 April 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Kecepatan dalam berselancar di internet tentunya merupakan sebuah dambaan bagi setiap orang, Namun untuk mencapai tujuan tersebut terdapat beberapa faktor sebagai penunjang tercapainya kecepatan dalam menjelajah di internet.

DNS (Domain Name System) merupakan sebuah sistem yang berguna untuk menerjemahkan sebuah domain menjadi alamat ip address dan mengarahkannya ke suatu halaman website tertentu.

Ada banyak daftar open dns yang tersedia di internet yang dapat digunakan guna mempercepat dalam menjelajah di internet, Namun dari banyaknya open dns server yang tersedia hanya beberapa dns yang seringkali digunakan sebagai acuan yaitu dns server dari google dan cloudflare.

1. Masuk ke area setting Control Panel, Selanjutnya pilih Network And Internet.


2. Kemudian pilih Network And Sharing Center sesuai dengan area yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


3. Lalu pilih jaringan yang sedang digunakan saat ini.


4. Langkah selanjutnya klik Properties.


5. Kemudian pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).


6. Selanjutnya pilih Use the following DNS server address guna dapat mengatur dns secara manual, Lalu isi kolom yang telah disediakan untuk mulai menggunakan open dns.


Setelah perubahan dns berhasil disimpan, Kamu perlu mengetahui apakah dns yang baru saja di terapkan telah berhasil di implementasikan pada jaringan saat ini atau belum. Untuk mengetahuinya kamu bisa mempelajarinya Disini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.