Cara Setting Menghubungkan Domain Website Ke Cloudflare

27 Juli 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Cloudflare adalah sebuah CDN (Content Delivery Network) yang berdiri sebagai proxy diantara visitor dan website, dalam hal lain Cloudflare dapat dikatakan sebagai pagar besi sebelum pengunjung dapat mengakses website yang sudah terintegrasi dengan Cloudflare.

Cloudflare kian memikat hati para developer berkat layanan yang ditawarkannya, Dimana beberapa layanan yang di sediakan Cloudflare adalah perlindungan terhadap DDos Attack serta Management Cache yang cukup baik sehingga website dapat diakses dengan cepat.

Rentannya website yang sudah memiliki tingkat kepopuleran yang tinggi akan semakin menarik minat bagi para attacker untuk melakukan testing tindak kejahatan yang merugikan suatu website. Oleh karena itu, Disilah Cloudflare berperan guna mencegah hal-hal yang tidak di inginkan menimpa suatu website.

1. Sebelum dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya kamu perlu mengunjungi halaman dari Cloudflare atau kamu bisa mengunjunginya secara langsung Disini, Usai berhasil mengakses laman dari Cloudflare kamu perlu melakukan registrasi untuk menjadi bagian dari pengguna layanan Cloudflare.


2. Kemudian kamu akan diminta untuk menambahkan alamat website yang akan di tautkan kedalam Cloudflare, Namun dalam hal ini kamu cukup menambahkan alamat domainnya saja tanpa perlu menambahkan subdomain hingga tampil seperti gambar yang tertera dibawah.


3. Selanjutnya apabila kamu ingin menikmati segala fitur yang tertanam pada Cloudflare tanpa batasan tentunya ada biaya yang perlu di keluarkan, Namun jika kamu ingin tetap dapat menikmati fitur yang ada secara terbatas kamu dapat memilih area yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


4. Kemudian Cloudflare akan menampilkan informasi dns atas alamat website yang sudah di tambahkan sebelumnya, Dalam langkah ini kamu dapat langsung melewatinya begitu saja untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.


5. Berikutnya kamu akan diminta untuk mengubah Domain Name Server yang digunakan sebelumnya ke Domain Name Server yang sudah di arahkan oleh Cloudflare, Biasanya proses verifikasi bahwa Domain Name Server telah berhasil diubah dibutuhkan waktu kurang lebih 24jam. Namun dalam praktiknya, Hanya dibutuhkan beberapa menit saja usai Domain Name Server berhasil di ubah dan di verifikasi oleh Cloudflare.


6. Langkah ini merupakan langkah lanjutan dari langkah sebelumnya dalam mengubah Domain Name Server, Usai Domain Name Server berhasil diubah kamu dapat kembali ke langkah sebelumnya kemudian mengklik Done, Check Name Server guna menyatakan bahwa kamu sudah mengubah Domain Name Server sebelumnya ke Domain Name Server Cloudflare .


7. Maksud dari gambar yang tertera dibawah adalah bahwasannya website yang sudah di tambahkan sebelumnya kini sudah tertaut dengan Cloudflare, Selanjutnya kamu dapat melakukan beberapa konfigurasi untuk memproteksi website yang sudah di tambahkan sebelumnya.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di paparkan diatas, Kamu dapat memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu mengatasi kendala yang sedang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.