2 Cara Mengetahui Name Server Pada Suatu Website

07 Agustus 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Name Server merupakan sebuah identitas singkat yang terdapat pada suatu web server yang berperan dalam mengarahkan domain kesuatu server tertentu, Umumnya format identitas dari Name Server sangatlah singkat seperti ns1.domain.com, ns2.domain.com dan lain sebagainya.

Tentunya setiap penyedia layanan web hosting memiliki karakteristik identitas yang saling berbeda antar satu penyedia layanan dengan yang lainnya, Dan biasanya terdapat beberapa name server yang tertaut pada suatu web server.

Hal ini biasa disebut sebagai Clustered DNS / Load Balancing DNS yang berperan membuat pengalihan jika diketahui terdapat error pada salah satu name server yang tertaut, Tujuannya agar dapat tetap mempertahankan performa dikala adanya indikasi error pada salah satu Name Server.

Melalui Website

1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengakses halaman dari situs Who.Is, Atau kamu bisa mengunjunginya secara langsung Disini. Selanjutnya isi kolom yang telah di sediakan dengan nama situs yang ingin di telusuri.


2. Selanjutnya beralih ke DNS Record, Area yang diarahkan oleh tanda panah dibawah merupakan Name Server dari situs yang ingin di telusuri sebelumnya. Terlihat bahwasannya Name Server yang digunakan oleh situs tersebut menggunakan Name Server dari Cloudflare.


Melalui Command Prompt

1. Tekan icon + R pada keyboard secara bersamaan hingga muncul kotak dialog seperti gambar yang tertera dibawah, Selanjutnya ketikkan cmd pada kotak dialog tersebut untuk mulai membuat perintah.


2. Selanjutnya ketikkan perintah nslookup -type=ns myproblem.id (Domain Situs), Untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar yang tertera dibawah. Perintah tersebut nantinya akan di eksekusi dan membeberkan sebuah informasi mengenai Name Server atas website yang ditambakan pada perintah sebelumnya.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di paparkan diatas, Kamu dapat memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu mengatasi kendala yang sedang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.