Cara Menghapus Website Yang Terhubung Dengan Cloudflare

11 Agustus 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Cloudflare adalah sebuah CDN (Content Delivery Network) yang berdiri sebagai proxy diantara visitor dan website, dalam hal lain Cloudflare dapat dikatakan sebagai pagar besi sebelum pengunjung dapat mengakses website yang sudah terintegrasi dengan Cloudflare.

Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu dibalik alasannya suatu website tidak bisa di akses, Salah satu diantara beberapa faktor tersebut ialah Name Server serta hosting dari layanan yang digunakan sedang dalam kondisi padat.

Namun, Name Server memiliki cara tersendiri dalam mengatasi jika salah satu dari server sedang dalam kondisi Overload. Oleh karenanya, Jika kamu menggunakan layanan dari Cloudflare dan kini sedang mengalami overload di semua servernya opsi dengan mengubahnya ke name server default mungkin layak untuk di terapkan.

1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengunjungi laman dari Cloudflare dan login terlebih dahulu, Selanjutnya pada bagian dari Advanced Options pilih Remove Site From Cloudflare.


2. Selanjutnya pilih Confirm sesuai dengan area yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah, Hal ini bermaksud guna memastikan pemutusan hubungan antara website yang sudah terhubung sebelumnya dengan cloudflare.


3. Kemudian usai pemutusan hubungan berhasil di lakukan pada laman cloudflare, Konfigurasi selanjutnya yaitu dengan mengubah name server yang sebelumnya menggunakan name server dari cloudflare ke name server default yang telah di sediakan oleh penyedia layanan hosting saat ini.


Sebagai Catatan, Berdasarkan pengalaman penulis dalam memutuskan hubungan antara Cloudflare dengan website yang sudah di tambahkan sebelumnya membutuhkan waktu kurang dari 30 menit.

Selain itu waktu pointing yang diperlukan biasanya membutuhkan waktu maksimal selama 1x24 jam. Oleh karenanya, selama proses pointing belum berjalan dengan sempurna maka website tidak bisa di akses untuk sementara waktu hingga proses pointing selesai.

Untuk mengetahui penyelesaian dari proses pointing adalah dengan melakukan pengecekan secara berkala mengenai name server yang digunakan saat ini, Untuk mengetahui cara dalam mendapatkan informasi mengenai name server yang digunakan saat ini kamu bisa mempelajari lebih lanjut Disini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.