Cara Membuat URL (Shortlink) Yang Terhubung Ke Whatsapp

11 April 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Url merupakan sebuah alamat yang menggambarkan karakteristik sebuah halaman tertentu, Layaknya halaman suatu Website dan yang lainnya. Url tersebut menginformasikan mengenai Domain, Folder serta Judul dari isi sebuah halaman.

Dalam praktiknya besar kemungkinan alamat url berisi dengan angka serta yang lainnya dimana hal tersebut diluar kendali dari pengunjung, Sehingga sangat memungkinkan jika alamat url suatu website sulit untuk dihafalkan terlebih pada website yang telah memiliki beragam konten didalamnya.

Melihat beberapa alasan mendasar yang menyebabkan alamat url menjadi rumit tentunya akan sangat berdampak jika halaman tersebut perlu di cantumkan pada sebuah banner atau yang lainnya, Meskipun dapat di atasi dengan memanfaatkan teknologi QR Barcode ada opsi lain yang dapat digunakan untuk mengatasinya yaitu dengan mempersingkat alamat url tersebut.

1. Buka browser yang kini telah terinstall, Selanjutnya pada kolom pencarian ketikkan Bitly Shortener.


2. Kemudian pilih website yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah, Atau kamu bisa mengunjunginya secara langsung Disini.


3. Usai berhasil mengakses website tersebut, Klik area yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


4. Lalu pilih Memulai yang berada pada deret kolom Gratis untuk menggunakan versi gratis yang telah di sediakan.


5. Sebelum dapat melanjutkan ke langkah berikutnya ada salah satu syarat yang perlu di penuhi terlebih dahulu, Yaitu perlunya Login atau Register terutama bagi kamu yang belum memiliki akun. Tersedia dua opsi pilihan yang dapat kamu gunakan dalam proses registrasi, Kamu bisa menyesuaikan dengan proses yang diinginkan baik dengan menggunakan Akun Google atau selain itu.


6. Setelah berhasil melewati proses Registrasi, Klik Create Your First Link untuk lebih detailnya perhatikan pada area yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


7. Kemudian tempelkan url https://api.whatsapp.com/send?phone=628131999000 pada kolom kosong yang telah di sediakan. Catatan, Di url sebelumnya diketahui terdapat nomor handphone (628131999000), Ubah nomor tersebut sesuai dengan nomor yang digunakan pada whatsapp saat ini.


8. Area yang diarahkan oleh tanda panah dibawah merupakan url yang telah berhasil di persingkat, Dimana alamat url tersebut akan menghubungkan siapapun ke akun whatsapp yang tercantum dalam url sebelumnya.


Besar harapan usai menerapkan pembahasan yang sudah di terangkan di atas dapat mempermudah aktivitas bisnis dalam berkomunikasi dengan para konsumen, Karena konsumen dapat berkonsultasi langsung hanya dengan melalui beberapa sentuhan saja.

Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di paparkan diatas, Kamu bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.