Cara Mengatur Ulang/Mereset IOS

09 Agustus 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Ketika salah satu user ingin menjual smartphonenya cara ini seringkali digunakan guna menghapus seluruh data pribadinya yang masih tersimpan pada smartphonenya demi melindungi kepentingan pribadi.

Bila terdapat data yang bersifat rahasia dan tertinggal pada smartphone tersebut jelas akan menimbulkan berbagai macam masalah. Penyalahgunaan suatu kegiatan yang mengatasnamakan pemilik sebelumnya mungkin saja terjadi.

Dilihat dari segala kemungkinan yang akan terjadi mereset sebuah smartphone yang akan berpindah tangan sudah menjadi hal yang wajib di lakukan untuk menghindari berbagai macam masalah yang mungkin akan menghampiri.

1. Buka menu pengaturan/setting pada smartphone kamu.


2. Lalu pilih Umum.


3. Kemudian pilih Atur Ulang.


5. Akan muncul beberapa opsi pilihan yaitu:

  • Atur Ulang Pengaturan: Semua pengaturan—termasuk pengaturan jaringan, kamus papan ketik, tata letak layar Utama, pengaturan lokasi, pengaturan privasi, dan kartu Apple Pay—akan dihapus atau diatur ulang ke default. Tidak ada data atau media yang dihapus.
  • Atur Ulang Jaringan: Hanya pengaturan jaringan yang dihapus.
    1. Saat Anda mengatur ulang pengaturan jaringan, jaringan dan pengaturan VPN yang sebelumnya digunakan yang tidak diinstal oleh profil konfigurasi atau manajemen perangkat seluler (MDM) akan dihapus. Wi-Fi dimatikan kemudian dinyalakan kembali untuk memutuskan hubungan dengan jaringan yang Anda gunakan. Pengaturan Wi-Fi dan Minta untuk Bergabung dengan Jaringan tetap menyala.
    2. Untuk menghapus pengaturan VPN yang diinstal oleh profil konfigurasi, buka Pengaturan > Umum > Profil & Manajemen Perangkat, pilih profil konfigurasi, lalu ketuk Hapus Profil. Tindakan ini juga akan menghapus pengaturan dan akun lain yang disediakan profil.
    3. Untuk menghapus pengaturan jaringan yang diinstal oleh MDM, buka Pengaturan > Umum > Profil & Manajemen Perangkat, pilih manajemen, lalu ketuk Hapus Manajemen. Tindakan ini juga akan menghapus pengaturan dan sertifikat lain yang disediakan MDM.
  • Atur Ulang Kamus Papan Ketik: Anda menambah kata ke kamus papan ketik dengan menolak saran kata dari iPhone saat mengetik. Mengatur ulang kamus papan ketik akan menghapus kata yang telah Anda tambahkan saja.
  • Atur Ulang Susunan Layar Utama: Mengembalikan app internal ke tata letak aslinya di layar Utama.
  • Atur Ulang Lokasi & Privasi: Mengatur ulang pengaturan layanan lokasi dan privasi ke default.

6. Karena saya ingin mereset layaknya smartphone baru saya akan memilih Hapus Konten & Pengaturan.


7. Pilih Hapus Sekarang untuk memulai proses lalu tunggu hingga proses selesai.


Sebelum mengatur ulang smartphone pastikan kamu sudah memahami segala bentuk konsekuensi serta resiko yang akan terjadi, Seperti kehilangan Berkas ataupun Foto yang kamu anggap sangat penting.

Alangkah baiknya sebelum mengatur ulang smartphonemu saat ini kamu sudah memindahkan semua file ke smartphone lain ataupun media yang lainnya untuk menghindari kehilangan berkas yang tidak bisa dikembalikan.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.