Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Microsoft Word

06 September 2020

Hello Audiens. Daftar Isi memiliki peran penting pada sebuah dokumen guna mempermudah pembaca dalam menemukan pokok pembahasan pada sebuah dokumen. Seringkali di temui pada sebuah dokumen seperti buku, karya ilmiah dan lainnya.

Meskipun dapat dibuat secara manual namun cara tersebut bukanlah cara yang efektif jika dilihat dari banyaknya SUB & SUB BAB pada suatu dokumen. Dengan ini kamu perlu membuatnya secara otomatis guna mempersingkat waktu dalam menyelesaikan sebuah dokumen.

Dalam contoh kali ini saya sudah menyiapkan 2 buah SUB berserta dengan SUB BABnya, Kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah SUB & SUB BAB pada dokumen yang sedang kamu kerjakan saat ini.

1. Klik icon Selengkapnya pada grup Styles.


2. Kemudian pilih Create A Style.


3. Pada kolom name isikan SUB selanjutnya pilih Modify.


4. Pada kolom Style Based On ubah menjadi Heading 1 lalu sesuaikan pada kolom Formatting selanjutnya klik OK.


5. Berikut adalah hasil dari style yang berhasil dibuat, Klik kembali icon Selengkapnya pada grup Styles.


6. Kemudian pilih Create A Style.


7. Karena dalam contoh diatas saya memiliki 2 SUB maka saya perlu membuat 2 buah SUB BAB kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah SUB pada dokumen saat ini, Pada kolom name isikan SUB BAB 1 selanjutnya pilih Modify.


8. Pada kolom Style Based On ubah menjadi Heading 2 lalu sesuaikan pada kolom Formatting selanjutnya klik OK.


9. Berikut adalah hasil dari style yang berhasil dibuat, Klik kembali icon Selengkapnya pada grup Styles.


10. Kemudian pilih Create A Style.


11. Pada kolom name isikan SUB BAB 2 selanjutnya pilih Modify.


12. Pada kolom Style Based On ubah menjadi Heading 2 lalu sesuaikan pada kolom Formatting selanjutnya klik OK.


13. Berikut adalah hasil dari style yang berhasil dibuat.


14. Selanjutnya blok pada bagian SUB (BAB1&BAB2) lalu pilih styles SUB yang sudah dibuat sebelumnya.


15. Blok pada bagian SUB BAB pada bab 1 lalu pilih styles SUB BAB 1.


16. Blok pada bagian SUB BAB pada bab 2 lalu pilih styles SUB BAB 2.


17. Selanjutnya pilih tab Insert lalu pilih Blank Page untuk membuat lembar kosong pada halaman 1.


18. Usai halaman 1 berhasil dibuat, Pergi ke tab References pilih Table Of Contents selanjutnya pilih Automatic Table 1.


19. Berikut hasil akhir dari pembuatan DAFTAR ISI secara otomatis.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas. Baiknya kamu memberikan pertanyaan pada kolom komentas kami akan senantiasa membantu untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.