Panduan Lengkap Cara Menjadi Host Di Zoom

10 September 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Pesatnya perkembangan teknologi di indonesia terbukti telah memberikan dampak yang sangat positif bagi beberapa sektor. Jika dilihat saat pandemi saat ini memang teknologi lah yang menjadi faktor utama pendukung aktivitas bagi masyarakat.

Ada beberapa platform serupa yang seringkali di gunakan masyarakat untuk melengkapi kebutuhan konfrensi secara daring. Seperti Google Meet dan lainnya namun belakangan ini Zoom lah yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Besarnya kapasitas yang diberikan Zoom dalam ruang konfrensinya membuat Zoom menjadi rujukan utama masyarakat dan berhasil menyaingi beberapa kompetitornya. Untuk saat ini Zoom sendiri dapat menampung hingga 1.000 partisipan.

1. Buka software Zoom yang kini sudah terinstall, Lalu klik Sign In.


2. Bila kamu ingin menjadi seorang Host kamu perlu memiliki akun terlebih dahulu, Klik Sign Up Free.


3. Secara otomatis Zoom akan mengarahkan ke website resminya untuk dapat melanjutkan ke proses registrasi. Sesuaikan tanggal lahir kamu pada format yang diberikan lalu pilih Continue.


4. Selanjutnya isikan alamat Email yang kamu miliki, Lalu klik Sign Up.


5. Buka Email yang kamu miliki, Zoom akan memberikan informasi terkait proses registrasi yang sudah di lakukan lalu pilih Activate Account.


6. Jika kamu melakukan registrasi untuk keperluan sekolah maka pilihlah yes dan jika selain untuk keperluan sekolah maka pilihlah no, Lalu pilih Continue.


7. Lengkapi profil data diri dari form yang telah di sediakan, Lalu pilih Continue.


8. Pada tahap ini kamu bebas untuk mengisi apapun, Ataupun kamu bisa mengikuti pengisian dari gambar di bawah.


9. Gambar dibawah merupakan keberhasilan dari proses registrasi, Selanjutnya buka kembali software Zoom.


10. Selanjutnya pilih Sign In.


11. Isikan Email dan Password sesuai dengan yang sudah di registrasikan sebelumnya. Lalu pilih Sign In.


12. Selanjutnya pilih New Meeting.


13. Berikut adalah hasil bahwa meeting telah dimulai, Untuk mengetahui Meeting ID klik icon Information di pojok kiri atas. Perhatikan gambar di bawah untuk lebih detailnya.


14. Berikut adalah tampilan dari informasi Meeting ID, Meeting ID ini bisa kamu gunakan untuk mengundang orang lain yang memiliki kontribusi atas Meeting yang sudah dibuat.


Meskipun kapasitas yang di berikan Zoom tanpa berlangganan sangat terbatas, Setidaknya kapasitas tersebut mampu untuk membuat konfrensi skala kecil seperti kegiatan belajar mengajar hingga meeting internal perusahaan.

Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas. Baiknya kamu memberikan pertanyaan pada kolom komentas kami akan senantiasa membantu untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi saat ini.



KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.