Cara Membuat Dan Akses User Root Di Linux

17 Oktober 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Linux merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat Open Source, Layaknya seperti sistem operasi lain seperti Windows dan MacOs yang seringkali dijumpai. Namun pengguna Linux masih terbilang sedikit karena penggunaannya yang cukup sulit bagi pengguna baru.

Bermula di kembangkan oleh Linus Torvalds salah satu mahasiswa dari Universitas Helsinki asal Finlandia, Kini Linux sendiri telah mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Microsoft, Intel, Google dan perusahaan lainnya.

User Root memiliki peranan yang cukup penting dalam mengoperasikan sistem operasi Linux, Dengan ini pengguna akan mendapatkan hak akses kontrol penuh terhadap sistem operasi yang digunakan saat ini.

1. Buka terminal untuk mulai membuat perintah, Perhatikan pada bagian yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


2. Usai berhasil mengakses terminal pada linux, Ketikkan sudo passwd root, Lalu tekan Enter.


3. Selanjutnya isikan password yang akan digunakan untuk dapat login ke Root, Namun jangan merasa heran jika karakter penulisan password tidak di tampilkan.


4. Akan muncul sebuah informasi yang menyatakan bahwa password telah berhasil diganti, Selanjutnya ketikkan perintah su -.


5. Ditahap ini kamu diminta untuk mengisikan sebuah password, Isikan password sesuai yang sudah dibuat sebelumnya.


6. Berikut adalah contoh ketika telah berhasil masuk ke root, Ketikkan perintah exit untuk keluar dari root.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas. Baiknya kamu memberikan pertanyaan pada kolom komentar kami akan senantiasa membantu untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.