Cara Menghapus User Di Linux

20 Oktober 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Linux merupakan salah satu sistem operasi yang bersifat Open Source, Layaknya seperti sistem operasi lain seperti Windows dan MacOs yang seringkali dijumpai. Namun pengguna Linux masih terbilang sedikit karena penggunaannya yang cukup sulit bagi pengguna baru.

Bermula di kembangkan oleh Linus Torvalds salah satu mahasiswa dari Universitas Helsinki asal Finlandia, Kini Linux sendiri telah mendapatkan dukungan penuh dari perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Microsoft, Intel, Google dan perusahaan lainnya.

Sebelum dapat mengikuti langkah-langkah sesuai yang sudah di tuangkan dalam isi artikel ini, Kamu perlu login ke User Root terlebih dahulu. Namun jika kamu belum bisa login ke User Root kamu bisa mempelajarinya Disini.

1. Berikut adalah hasil folder dari user yang sebelumnya sudah dibuat, Folder ini berada di dalam Directory Home.


2. Buka terminal yang berada dalam Linux untuk mulai membuat perintah menghapus beberapa user yang sudah dibuat, Lebih detail perhatikan pada area yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


3. Usai berhasil masuk ke terminal kamu perli login ke User Root terlebih dahulu, Selanjutnya ketikkan perintah userdel -r diikuti dengan nama user yang akan dihapus. Lalu klik Enter.


4. Setelah muncul basalan seperti area yang di arahkan oleh tanda panah dibawah menandakan bahwa user tersebut telah berhasil di hapus, Untuk meyakinkan apakah user telah berhasil di hapus kamu bisa mengetikkan perintah login lalu cobalah login menggunakan user yang sudah di hapus.


5. Selain itu kamu dapat mengetahui apakah user telah benar-benar dihapus atau belum bisa melalui folder yang dimilikinya sebelumnya, Disini terlihat bahwa folder yang sebelumnya dibentuk oleh user baru telah terhapus.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas. Baiknya kamu memberikan pertanyaan pada kolom komentar kami akan senantiasa membantu untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.