Cara Membuat Teks Berjalan Di Microsoft Power Point

16 Desember 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Microsoft Power Point merupakan sebuah software yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dalam hal presentasi, Beragam fitur yang telah di sediakan pada software tersebut cukup membuat terkesima karena dapat menghasilkan sebuah slide presentasi yang sangat menarik.

Software tersebut juga sudah tidak asing lagi di berbagai kalangan terutama dikalangan para mahasiswa dan karyawan, Pasalnya untuk merancang susunan slide presentasi yang menarik Microsoft Power Point senantiasa menjadi prioritas untuk digunakan.

Salah satu fitur yang menarik dari software tersebut ialah kamu dapat membuat animasi seperti teks berjalan yang biasanya di temui pada sebuah video, Dalam pembahasan kali ini mungkin kamu dapat membuat slide presentasi yang jauh lebih memukau dari sebelum-sebelumnya.

1. Buka software Microsoft Power Point yang kini sudah terinstall, Selanjutnya kecilkan tampilan dari Microsoft Power Point tersebut. Kamu bisa menyesuaikannya sesuai dengan gambar yang tertera dibawah, Kemudian beralih ke tab Insert.


2. Klik Text Box lalu buatlah sebuah text yang ingin kamu tampilkan nanti, Dalam hal ini saya menuliskan buah teks TEKS BERJALAN dan pastikan teks tersebut sejajar dengan layout slide Power Point.


3. Langkah selanjutnya beralih ke tab Animations, klik Animation Pane lalu pilih Add Animation.


4. Usai mengklik Add Animation akan muncul beberapa daftar opsi pilihan yang dapat digunakan namun dalam hal ini pilih Fly In sesuai dengan yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah.


5. Setelah berhasil menambahkan Animation, klik menu Dropdown pada animation tersebut lalu pilih Start With Previous.


6. Lakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya yaitu dengan mengklik menu Dropdown pada area animation yang sebelumnya sudah di tambahkan, Kemudian pilih Effect Options.


7. Lalu pada kolom dropdown direction pilih From Right kemudian OK.


8. Kembali lakukan langkah yang sudah di jelaskan sebelumnya dengan mengklik menu dropdown pada area animation yang sudah ditambahkan, Kemudian pilih Timing.


9. Dilangkah terakhir ini kamu perlu menyesuaikan sesuai dengan kenginginan yang diinginkan, Namun kamu tetap bisa menyesuaikannya sesuai dengan settingan yang tertera dari gambar dibawah jika dirasa sudah sesuai dengan yang kamu inginkan.

    1. Pada kolom dropdown Start ubah menjadi With Previous.
    2. Lalu pada kolom dropdown Duration ubah sesuai dengan durasi yang diinginkan, Semakin lama durasi yang dipilih maka pergerakan dari teks tersebut juga akan semakin lambat.
    3. Dan terakhir pada kolom dropdown Repeat ubah sesuai dengan keinginan, Semakin besar nilai yang dipilih maka teks tersebut akan bergerak berulang sesuai dengan nilai yang sudah dipilih. Namun jika kamu memilih bukan berdasarkan nilai maka teks tersebut hanya akan bergerak satu kali saja.

Dari langkah-langkah yang sudah di terangkan diatas hanya akan membuat teks bergerak dimulai dari kanan, Namun jika kamu ingin teks tersebut bergerak dari kiri ke kanan kamu perlu memindahkan teks tersebut ke kanan dan mengubah options pada kolom Direction menjadi From Left seperti yang sudah di jelaskan pada langkah ke tujuh.

Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti langkah-langkah diatas. Baiknya kamu memberikan pertanyaan pada kolom komentar kami akan senantiasa membantu untuk mengatasi kendala yang kamu hadapi saat ini.



KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.