Cara Menggunakan Rumus Average Mencari (Nilai Rata-Rata) Di Excel

18 Februari 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Microsoft Excel merupakan salah satu software yang cukup populer dari beberapa software yang memiliki fungsi serupa yang dapat digunakan dalam mengolah data, Tentunya beragam fitur yang tersedia dalam paket software tersebut dapat memberikan kemudahan dalam menuntaskan sebuah pekerjaan.

Selain beragam fitur yang tersedia dalam software tersebut, Microsoft Excel juga menyediakan berbagai macam rumus sehingga para penggunanya dapat dengan mudah untuk menentukan nilai rata-rata (Average) sesuai dengan yang akan diangkat pada pembahasan kali ini.

Average sendiri merupakan sebuah metode untuk mencari nilai rata-rata dari kumpulan suatu data, Average juga dapat dijadikan sebagai sebuah acuan untuk menentukan nilai dari objek tertentu seperti halnya Harga Saham, Nilai Siswa dan beragam objek lainnya.

1. Berikut adalah data yang sudah saya miliki, Dari tabel tersebut terdapat nilai dari beberapa mata pelajaran dan seorang guru yang ingin mengetahui berapa banyak siswa dan siswi yang memiliki nilai dibawah KKM.


2. Klik kolom kosong diarea Nilai Rata-Rata kemudian klik icon dropdown pada fitur Auto Sum kemudian diikuti dengan memilih Average.


3. Setelah rumus Average berhasil muncul pada kolom yang sudah dipilih sebelumnya, Langkah selanjutnya blok seluruh kolom nilai dari tabel tersebut lalu tekan Enter. Selain itu kamu juga dapat menulis rumus tersebut secara manual dengan urutan =AVERAGE(G7:K7) yang berarti =Jenis Rumus(Data Kolom:Data Kolom).


4. Kini nilai rata-rata dari siswi Risma telah berhasil di temukan dengan nilai rata-rata sebesar 59 yang menandakan nilai tersebut berada dibawah nilai KKM, Selanjutnya untuk mengetahui nilai rata-rata dari tiap siswa kamu bisa melakukan langkah-langkah sebelumnya secara satu per satu.

Namun tentunya hal tersebut akan cukup memakan waktu karena kamu perlu melakukan perulangan ditiap siswa, Untuk mengatasinya kamu bisa menarik hasil dari kolom yang sudah dieksekusi (Kolom 59) ke kolom yang terakhir.


5. Maka secara otomatis rumus tersebut akan berjalan sesuai dengan kolom yang sudah diblok sebelumnya, Dan hasil akhirnya menjadi seperti gambar yang tertera dibawah.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di jelaskan diatas, Kamu bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.