Cara Menggunakan Mendeley Dan Menerapkannya Pada Dokumen

08 April 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Mendeley adalah salah satu software yang dirancang untuk dapat berjalan pada sistem operasi komputer seperti Windows, Mac dan Kali Linux, yang berguna untuk mempermudah operator komputer dalam menambahkan refrensi sebagai penunjang atas dokumen yang dirangkainya.

Hadirnya software tersebut tentunya akan sangat membantu terutama bagi siapapun yang seringkali berdampingan dengan komputer untuk menuntaskan sebuah dokumen layaknya Jurnal,Skripsi dan lain sebagainya.

Sebelum dapat melanjutkan ke langkah-langkah dalam menerapkan referensi dengan menggunakan Mendeley, Pastikan bahwa kini Mendeley telah terinstall dan sudah tertaut dengan Microsoft Word. Namun apabila kamu belum memenuhi syarat dalam menerapkan Mendeley, Kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu Disini.

Catatan, Dalam mencantumkan nama penulis perlu menggunakan format Last Name - First Name, Dengan maksud jika nama penulis adalah Tedy Rizkha Heryansyah maka dalam mencatatkannya kedalam Mendeley menjadi Heryansyah, Tedy Rizkha.

Menambahkan Referensi Ke Mendeley

Website

1. Buka software Mendeley yang sebelumnya telah berhasil di install, Selanjutnya klik menu Dropdown tepat disamping icon untuk menambahkan file lalu pilih Add Entry Manually.


2. Selanjutnya ubah type menjadi Newspaper Article disusul dengan menyesuaikan form yang tersedia pada Mendeley dengan informasi yang terdapat pada referensi yang akan digunakan.


Jurnal

1. Klik icon yang sudah di arahkan oleh tanda panah dibawah, Selanjutnya pilih file yang telah di siapkan sebagai referensi untuk ditambahkan ke dalam Mendeley.


2. Usai file tersebut berhasil di tambahkan ke Mendeley seringkali identitas file tersebut tidak tercatat dengan baik oleh Mendeley, Melihat hal tersebut alangkah baiknya untuk menyesuaikannya secara manual agar tidak menimbulkan kekeliruan pada refrensi tersebut.


Guna mempermudah dalam melihat beragam informasi layaknya Nama Pengarang, Tahun Terbit dan lain sebagainya dari beberapa literatur referensi yang telah di tambahkan sebelumnya, Kamu bisa memilih All Document yang berada dalam group My Library.

Buku Cetak

1. Buka software Mendeley yang sebelumnya telah berhasil di install, Selanjutnya klik menu Dropdown tepat disamping icon untuk menambahkan file lalu pilih Add Entry Manually.


2. Selanjutnya ubah type menjadi Book disusul dengan menyesuaikan form yang tersedia pada Mendeley dengan beragam bentuk informasi yang terdapat pada buku referensi yang akan digunakan.


Implementasi Mendeley Pada Dokumen

1. Buka software Microsoft Word yang kini telah terinstall, Selanjutnya beralih ke tab References lalu pilih Insert Citation kemudian pilih Referensi yang ingin di terapkan.


2. Berikut adalah hasil dari Referensi yang telah berhasil di tambahkan dengan bantuan Mendeley.


Menerapkan Mendeley Pada Daftar Pustaka

1. Buka software Microsoft Word yang kini telah terinstall, Selanjutnya beralih ke tab References lalu pilih Insert Bibliography, Maka secara otomatis Daftar Pustaka akan menampilkan beberapa daftar referensi yang telah di tambahkan pada dokumen.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di paparkan diatas, Kamu bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu untuk mengatasi masalah yang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Wiji
08 April 2021

Mantap


Admin
09 April 2021

@Wiji Terima kasih, Semoga bermanfaat.


Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.