Cara Menghitung Kuadrat Dan Akar Kuadrat Di Microsoft Excel

13 Juni 2021 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Kuadrat (Pangkat Dua) merupakan sebuah istilah yang kerap di temui pada sebuah matematika yang mengartikan sebuah perkalian atas bilangan itu sendiri, Akar pangkat dua mungkin seringkali terdengar lantaran kesamaannya dengan kuadrat yang berarti mengkalikan suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri sebanyak 2 kali.

Sedangkan Akar Kuadrat merupakan sebuah kebalikan dari pengertian kuadrat, Kuadrat selalu identik dengan angka kecil di belakang bilangan itu sendiri seperti 52. Berbeda halnya dengan akar kuadrat yang memiliki icon tersendiri √25.

Dibutuhkan sebuah kalkulator untuk dapat menentukan nilai dari suatu bilangan kuadrat maupun akar kuadrat terlebih pada bilangan yang terbilang besar, Namun hal tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan rumus yang telah di sediakan dalam microsoft excel sehingga kamu tidak perlu menghitungnya secara manual dengan kalkulator.

Menentukan Kuadrat

Ketikkan perintah = diikuti dengan angka yang ingin di kuadratkan disusul dengan menambahkan icon ^2 diakhir perintah, Dengan contoh =5^2. Namun apabila kamu ingin menentukan akar pangkat 3 dan seterusnya kamu hanya perlu mengubah angka 2 sesuai dengan akar yang diinginkan semisal 3 atau lebih dari itu.


Menentukan Akar Kuadrat

Ketikkan perintah = diikuti rumus SQRT disusul dengan menambahkan angka yang diinginkan dan pastikan angka tersebut berada dalam buka kurung dan tutup kurung, Dengan contoh =SQRT(225). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa akar kuadrat dari 225 adalah 15.


Jika kamu mengalami kendala saat mengikuti instruksi yang sudah di paparkan diatas, Kamu dapat memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Kami akan berupaya membantu mengatasi kendala yang sedang kamu hadapi saat ini.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.