Cara Mengatur Lokasi Penyimpanan Unduhan Di Mozilla Firefox

09 Agustus 2020 - Eko Wahyu Adhi

Hello Audiens. Jika memory pada hardisk kamu saat ini sudah penuh, Ketika ingin Mengunduh/Mendownload sebuah file yang berukuran besar tentunya akan mengalami kendala karena ruang penyimpanan yang tidak memadai dan file tersebut tidak dapat tersimpan.

Kamu bisa merelokasi lokasi penyimpanan agar file tersebut tidak mengalami kendala saat proses pengunduhan sedang berjalan.

1. Buka browser Mozilla Firefox.


2. Lalu pilih Setting pada browser Mozilla Firefox.


3. Pilih Umum.


4. Perhatikan pada Berkas Dan Aplikasi, Terlihat lokasi penyimpanan default unduhan berada pada folder Unduhan, Ini merupakan sebuah folder yang ada pada Hardisk/SSD kamu saat ini.


Penuhnya Hardisk/SSD kamu saat ini karena terlalu banyak file di dalamnya dapat menimbulkan masalah dalam pengunduhan file terutama bagi file yang berukuran besar, Merelokasi unduhan merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Disini saya sudah menyiapkan Hardisk External dan membuat sebuah folder baru dengan nama FOLDER UNDUHAN folder inilah yang nantinya akan menampung file unduhan baru, Kamu bisa menggunakan memory external lainnya seperti SD Card,Hardisk External Ataupun Smartphone kamu sendiri.

5. Pilih Telusuri.


6. Arahkan pada lokasi baru, Lalu pilih OK.


7. Lokasi penyimpanan sudah berubah menjadi FOLDER UNDUHAN dari yang sebelumnya Unduhan.


Kita akan melakukan Percobaan apakah relokasi yang baru saja dilakukan berhasil atau tidak.

8. Lakukan sebuah unduhan baru.


9. Terlihat file unduhan sudah berhasil tersimpan pada lokasi baru.


Kamu bisa mengupgrade hardisk/ssd yang saat ini ada pada PC/Laptop dengan storage yang lebih tinggi tanpa harus melakukan hal yang rumit seperti ini ketika ingin mengunduh sebuah file baru.


KOMENTAR

Jika komentar berisi kata - kata negatif maka tidak akan di tampilkan.